Ilustrasi pasien prostat akan MRI
Health

Deteksi Kanker Prostat, Ini Gejalanya

Desyinta Nuraini
Senin, 17 Agustus 2020 - 13:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semakin cepat dideteksi, semakin cepat diobati. Begitulah cara menangani kanker, termasuk kanker prostat. 

Kanker prostat masih menjadi ancaman serius bagi pria. Sebab kanker ini menyebabkan kematian terbanyak setelah kanker paru dan kanker usus besar.

Melansir Express UK, Senin (17/7/2020), National Health Service Inggris menyebut gejala kanker prostat muncul ketika massa kanker cukup besar untuk menekan uretra.

Adapun uretra adalah saluran yang membawa urin dari kandung kemih keluar dari penis.

Seberapa kuat itu? Massa kanker yang menekan uretra dapat menyebabkan aliran urin menjadi lemah hingga sulit untuk mulai buang air kecil.

Memang terkadang sejumlah orang mengalami kesulitan buang air kecil. Namun menjadi tidak normal apabila situasi tersebut terjadi dengan intensitas yang sering. Apalagi ada perasaan bahwa sesering apa pun buang air kecil, kandung kemih masih terasa seperti belum dikosongkan. Ditambah lagi Anda mungkin sering buang air kecil pada malam hari.

Banyak dari gejala ini bisa menjadi indikasi pembesaran prostat yang merupakan bagian normal dari penuaan. Namun, selalu lebih baik untuk memeriksakan diri, sebab bisa saja hal tersebut berkaitan dengan kanker prostat.

Sementara itu ada faktor risiko tertentu yang membuat seseorang lebih mudah terserang kanker prostat. Antara lain riwayat keluarga dan berusia di atas 50 tahun.

Penelitian terbaru, yang dikutip oleh NHS, menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan antara obesitas dan kanker prostat. Dengan demikian, diet seimbang dan olahraga teratur membantu menurunkan risiko penyakit tersebut.

Saat ini, penelitian lebih lanjut telah mengusulkan bahwa diet tinggi kalsium juga terkait dengan peningkatan risiko kanker prostat. Terkadang, jika kanker prostat didiagnosis, mungkin tidak memerlukan perawatan apa pun jika risiko penyebarannya rendah ke bagian tubuh lain.

Orang yang menderita kanker yang lebih mungkin menyebar dapat menjalani operasi atau radioterapi. Pilihan pengobatan ini berharap dapat menyembuhkan kanker, tetapi efek sampingnya mungkin akan terasa. Setelah operasi, atau radioterapi, Anda cenderung merasa lelah dan perlu waktu untuk pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro