Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi memberikan pernyataan pers terkait larangan masuk sementara bagi warga negara asing ke Indonesia di Kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (5/3/2020). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Relationship

Ini Tips Menlu Retno Kelola Stres Kerja saat Pandemi Covid-19

Akbar Evandio
Senin, 17 Agustus 2020 - 19:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan tips untuk mengelola stres saat bekerja di tengah pandemi Covid-19.

“Mungkin jangan stres, kalau saya pertama kita harus senang dengan pekerjaan yang kita lakukan, karena bisa stres kalau tidak [senang], saya adalah orang yang kebetulan memiliki passion yang begitu tinggi di bidang pekerjaan saya karena saya berasal dari diplomat karir sehingga pertahun ini saya sudah bekerja di Kementerian Luar Negeri selama 34 tahun,” ungkapnya lewat diskusi daring, Senin (17/8/2020).

Selain itu, Retno menyebutkan bahwa gaya hidup menjadi faktor lain untuk meminimalisir stres di tengah pandemi. Menurutnya, olahraga dan bercengkrama dengan keluarga dapat meredam stres.

“Ternyata bekerja dengan baik untuk mengimbangi stres itu dengan berolahraga. Saya tiap hari harus olahraga, pagi sehabis subuh siap untuk jogging hingga 5 km setiap harinya. Saya sekarang ini juga sudah 7 bulan punya mainan baru [punya cucu], jadi punya cucu menghilangkan stres yang ada,” ungkapnya.

“Dan, gaya hidup, no karbo, no oil, no sugar, low fat,” lanjutnya. 

Dia pun menyebutkan bahwa mengelola stres dengan mencintai pekerjaan juga menjadi bagian dari arti seorang pemimpin. Dia menyebutkan bahwa pemimpin adalah sosok yang perlu menjaga amanah dan tanggung jawab. 

“Saya mencintai pekerjaan ini, kalau tidak cinta dengan profesi kita pasti semuanya akan jadi siksaan, karena menjadi diplomat kontraknya 7 hari 24 jam dan setiap waktu tuntutan pekerjaan itu bisa muncul,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro