Rutin keramas bisa menghilangkan ketombe pada anak./ We're Parents
Health

Kulit Kepala Sehat, Ini Cara Menghilangkan Ketombe Anak

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 18 Agustus 2020 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anak-anak yang terlalu banyak bermain di luar ruangan, bakal lebih mudah berketombe. Namun, itu bisa diatasi dengan penggunaan sampo yang benar.

Mengitip Parenting Firstcry, Selasa (18/8/2020) terdapat 8 tips yang bisa diaplikasikan pada saat untuk mengobati ketombe, yakni:

1. Menggunakan Shampo Obat

Penggunaan sampo obat dapat mengobati sebagian besar ketombe pada anak-anak. Hanya saja, jangan pergi dengan sampo apa pun; alih-alih, konsultasikan dengan spesialis perawatan kulit yang akan merekomendasikan sampo obat yang efektif berdasarkan situasi anak Anda.

2. Tetap Terhidrasi

Beri tahu anak Anda untuk minum air putih sebanyak yang mereka bisa. Jika mereka tidak minum sendiri, beri mereka air atau jus dalam jumlah terukur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara teratur. Menjaga agar tetap terhidrasi pasti bisa mengurangi ketombe.

3. Menyisir Sebelum Keramas

Sisir rambut anak Anda dengan benar sebelum membilasnya dengan sampo obat. Menyikat akan membantu menghilangkan serpihan sampai batas tertentu, yang pada gilirannya akan membantu pembersihan kulit kepala dengan lebih baik setelah keramas.

4. Menggunakan Sisir dan Handuk Terpisah

Pertahankan sisir dan handuk terpisah untuk anak Anda karena kuman pada handuk dan sisir biasa dapat menyebabkan lebih banyak masalah ketombe.

5. Nutrisi yang Tepat

Sayuran hijau dan berdaun merupakan makanan wajib bagi anak-anak yang menghadapi masalah ketombe. Protein, karbohidrat, dan nutrisi lain yang dibutuhkan membuat kulit lembab dan sehat, yang pada gilirannya mengurangi atau menghilangkan ketombe sama sekali.

6. Minyak pada Kulit Kepala

Olesi kulit kepala anak Anda secara teratur atau bahkan pada hari-hari alternatif, karena ini akan membantu menjaga kelembaban kulit kepala, dan dengan demikian membuatnya bebas ketombe.

7. Jangan Menggunakan Produk Rambut Berbahaya

Anak-anak paling rentan terhadap masalah kulit, dan untuk alasan yang sama, gel atau krim rambut tidak boleh dioleskan ke rambut anak-anak karena dapat menyebabkan ketombe atau masalah terkait rambut lainnya.

8. Sering Keramas

Keramas rambut anak Anda setiap hari. Sering keramas membantu menjauhkan debu yang merupakan penyebab utama ketombe pada anak. Namun, keramas setiap hari tidak disarankan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro