Sel virus corona/istimewa
Health

Peneliti Singapura Temukan Jenis Virus Corona yang Tak Parah

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 Agustus 2020 - 18:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para peneliti di Singapura telah menemukan jenis Covid-19 baru yang menunjukkan gejala yang tidak terlalu parah pada pasien.

Temuan itu, membuka jalan baru untuk pengembangan dan perawatan vaksin. Varian SARS-CoV-2 -virus yang menyebabkan COVID-19.

Kasus di Singapura pertama kali terdeteksi pada tiga pasien yang datang dari Wuhan pada tahap awal pandemi. Kemudian ditularkan ke beberapa cluster di Singapura sebelum dicegah, kata Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID), Jaringan Imunologi Singapura (SIgN) A * STAR dan Sekolah Kedokteran Duke-NUS dikutip dari channelnewsasia.com.

Pasien yang tertular cenderung menunjukkan tingkat oksigen rendah atau membutuhkan perawatan intensif, menurut penelitian. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional The Lancet. Namun, jenis tersebut telah berhenti beredar di Singapura sejak awal Maret.

Direktur eksekutif NCID Prof Leo Yee Sin mengatakan penemuan tersebut memiliki implikasi besar bagi pemahaman peneliti tentang virus, dan pengembangan terapi dan vaksin. Varian yang lebih ringan memiliki mutasi atau pengurangan keganasan di wilayah virus yang dikenal sebagai ORF8. Dalam sampel dari 39 pasien dengan varian yang lebih ringan, tiga pasien mengalami oksigen rendah dan membutuhkan oksigen tambahan, dibandingkan dengan 26 dari 92 pasien dengan virus non-mutasi atau tipe liar.

Bahkan menyesuaikan faktor lain termasuk usia, jenis kelamin dan kondisi medis kronis, pasien dengan varian virus campuran menunjukkan gejala yang tidak terlalu parah, kata konsultan NCID Dr Barnaby Young. Para peneliti mempelajari 131 orang yang terinfeksi dengan varian virus tipe liar,  dan varian  campuran dari kedua jenis virus SARS-CoV-2.

Data menunjukkan bahwa virus campuran ORF8 muncul sebagai respons terhadap respons sistem kekebalan manusia. Jenis campuran lain di wilayah ORF8 juga telah terdeteksi secara global. Namun, Prof Gavin Smith dari Emerging Infectious Diseases Program dari Duke-NUS Medical School menekankan bahwa bukan hal yang aneh jika varian yang berbeda, atau versi virus yang berbeda dihasilkan selama wabah.

Virus jenis serupa di ORF8 juga terdeteksi di Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) pada tahun 2003.

“sebagai peneliti, ketika kami menemukan varian baru ini, membuka banyak dasar ilmiah dan latar belakang untuk kita pahami, setiap segmen genetik, apa artinya virus, dan apa artinya ketika berinteraksi dengan inang manusia, ”kata Prof Leo.

“Setidaknya dengan poin ini, kami memahami dengan campuran wilayah tertentu, penyakit ini sebenarnya lebih ringan dalam manifestasinya,” tambahnya.

Penemuan ini akan memungkinkan para peneliti untuk menargetkan wilayah tertentu dengan pengobatan.

Dia menambahkan bahwa informasi tersebut juga dapat mendukung pengembangan vaksin.

“Ini sangat menarik… Ini membuka banyak area penyelidikan untuk patogen yang masih belum banyak kita ketahui,” kata Prof Smith.

Studi lebih lanjut untuk memahami fungsi protein ORF8 dan efek menghilangkan protein ini sedang berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro