Boy band Korea BTS/Instagram
Entertainment

Video Klip Terbaru BTS, Dynamite Cetak Rekor di Youtube

Rezha Hadyan
Sabtu, 22 Agustus 2020 - 15:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Boyband Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS) sukses mencetak rekor lewat video klip lagu terbarunya 'Dynamite'. Video klip tersebut berhasil  menciptakan rekor-rekor baru yang belum pernah didapatkan oleh sebuah video klip musik dalam sejarah YouTube.

Melansir Variety pada Sabtu (22/8/2020), video klip 'Dynamite' berhasil mencatatkan rekor setelah ditonton 98,3 juta kali dalam 24 jam setelah dirilis pertama kali pada Jumat (21/8/2020) pukul 11.00 WIB atau 13.00 waktu Korea Selatan. Nyaris menyentuh angka 120 juta seperti yang diharapkan oleh para penggemarnya yang disebut BTS Army.

Tercatat pada Sabtu (22/8/2020) pukul 7.35 WIB atau 9.35 waktu Korea Selatan, video klip 'Dynamite' telah ditonton sebanyak 86,4 kali di Youtube.

Pada saat itu, video klip tersebut telah berhasil  menduduki puncak pemegang rekor sebelumnya: “How You Like That” dari Blackpink, yang dua bulan lalu berhasil ditonton 86,3 juta kali dalam 24 jam pertama setelah diunggah.

"Lagu pertama BTS yang seluruhnya berbahasa Inggris itu berhasil mencapai trending nomor satu Youtube global dalam waktu 12 jam sejak pertama kali diunggah. Video tersebut juga mencatat rekor penayangan perdana YouTube yang paling banyak ditonton dengan lebih dari 3 juta pemirsa langsung secara bersamaan," demikian konfirmasi YouTube kepada Variety.

Metrik penayangan 24 jam YouTube telah menjadi tolok ukur dalam bisnis musik untuk memamerkan kedigdayaannya. Oleh karena itu, tak sedikit promotor yang mencoba mempermainkan sistem tersebut.

Untuk mengatasi tindakan tersebut, YouTube mengubah metodologi untuk tangga lagu YouTube pada September 2019 agar tidak lagi menghitung penayangan iklan berbayar dalam hitungan 24 jam, yang menurutnya paling mencerminkan keterlibatan penggemar yang otentik.

BTS sebelumnya telah memegang rekor penayangan 24 jam beberapa kali, terakhir dengan rilis "Boy With Luv" pada April 2019 yang menampilkan Halsey (74,6 juta penayangan dalam periode satu hari pertama). Video 'Dynamite' disutradarai oleh Yong Seok Choi dari perusahaan produksi Lumpens, yang juga menyutradarai Boy With Luv.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro