Virus corona ketika dicek dengan mikroskop/harvard.edu
Health

Penelitian Ungkap Banyak Spesies Hewan yang Rentan Terinfeksi Virus Corona

Syaiful Millah
Minggu, 23 Agustus 2020 - 17:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa manusia bukan satu-satunya spesies yang rentan menghadapi potensi ancaman dari SARS-CoV-2, virus corona baru yang telah menyebabkan pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Berdasarkan studi baru dari University of California, tim ilmuwan internasional menggunakan analisis genom untuk membandingkan reseptor seluler utama untuk virus pada manusia ACE2 dengan 410 spesies vertebrata yang berbeda, termasuk burung, ikan, amfibi, reptil, dan mamalia.

ACE2 biasanya ditemukan di berbagai jenis sel dan jaringan, termasuk sel epitel di hidung, mulut, dan paru-paru. Pada manusia, 25 asam amino dari protein ACE2 penting bagi virus untuk mengikat dan masuk ke dalam sel.

Para peneliti menggunakan 25 urutan asam amino dari protein ACE2 ini, dan memodelkan struktur protein yang diprediksi bersama dengan protein lonjakan SARS-CoV-2, untuk mengevaluasi berapa banyak asam amino yang ditemukan dalam protein ACE2 dari spesies yang berbeda.

Joana Damas, penulis utama studi mengatakan hewan dengan residu asam amino yang cocok dengan protein manusia diperkirakan berada pada risiko tinggi tertular SARS-CoV-2 melalui ACE2. Risiko ini diperkirakan menurun jika residu pengikat ACE2 spesies berbeda dari manusia.

Sekitar 40 persen spesies yang berpotensi rentan terhadap SARS-CoV-2 diklasifikasikan sebagai satwa terancam dan sangat rentan terhadap penularan dari manusia ke hewan. Beberapa spesies primata seperti gorila dataran rendah, orang utan Sumatera dan siamang pipi putih termasuk di antaranya.

Hewan lain yang ditandai berisiko tinggi termasuk mamalia laut seperti paus abu-abu dan lumba-lumba hidung botol, serta hamster Cina. Hewan peliharaan seperti kucing, sapi dan domba ditemukan memiliki risiko sedang. Sementara anjing, kuda, dan babi ditemukan memiliki risiko rendah

Bagaimana hal ini berkaitan dengan infeksi dan risiko penyakit perlu ditentukan oleh penelitian selanjutnya, tetapi untuk spesies yang telah mengetahui data infektivitas, korelasinya tinggi.

Dalam kasus infeksi SARS-COV-2 yang terdokumentasi pada cerpelai, kucing, anjing, hamster, singa dan harimau, virus mungkin menggunakan reseptor ACE2 atau mereka dapat menggunakan reseptor selain ACE2 untuk mendapatkan akses ke sel inang.

Kecenderungan yang lebih rendah untuk mengikat dapat diterjemahkan ke kecenderungan yang lebih rendah untuk infeksi, atau kemampuan yang lebih rendah untuk infeksi menyebar pada hewan atau antar hewan setelah didirikan.

Karena potensi hewan untuk tertular virus corona baru dari manusia dan sebaliknya, perlu ada upaya pencegahan dan penindakan yang tepat. Klaus-Peter Koepfil, penulis studi dan ahli biologi konservasi menuturkan penyakit zoonosis dan cara mencegah penularan dari manusia ke hewan bukanlah tantangan baru bagi profesional perawatan hewan.

“Namun demikian, informasi baru ini memungkinkan kami untuk memfokuskan upaya dan rencana kami yang sesuai untuk menjaga keamanan hewan dan manusia,” katanya seperti dikutip Science Daily, Minggu (23/8).

Penelitian Ungkap Banyak Spesies Hewan yang Rentan Terinfeksi Virus Corona

Para penulis mendesak agar berhati-hati dan tidak terlalu menafsirkan risiko hewan yang diprediksi berdasarkan hasil komputasi. Mereka menyarankan adanya penelitian lebih lanjut untuk semakin mengkonfirmasi temuan dan mendapatkan data lebih lanjut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa nenek moyang SARS-CoV-2 kemungkinan besar berasal dari spesies kelelawar. Kelelawar ditemukan berisiko sangat rendah tertular virus corona baru melalui reseptor ACE2 mereka, yang konsisten dengan data eksperimental aktual.

Persoalan kelelawar secara langsung menularkan virus corona baru ke manusia, atau apakah penyebarannya melalui inang perantara masih belum diketahui, tetapi penelitian tersebut mendukung gagasan bahwa satu atau lebih inang perantara terlibat.

Data yang ada memungkinkan para peneliti untuk membidik spesies mana yang mungkin berfungsi sebagai inang perantara di alam liar. Hal ini akan membantu upaya untuk mengendalikan wabah infeksi SARS-CoV-2 di masa depan pada populasi manusia dan hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro