Sepeda Lipat. /Instagram Kreuz Indonesia
Fashion

Tren Sepeda, Ini Aksesoris Favorit di Tokopedia dan Bukalapak

Rezha Hadyan
Selasa, 1 September 2020 - 17:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kepopuleran aktivitas bersepeda di tengah masyarakat menjadi berkah tersendiri bagi penjual sepeda, tak terkecuali mereka yang menjajakan dagangannya di platform dagang el.

Menurut, Assistant Vice President (AVP) of Business Tokopedia David Kartono pihaknya merasakan langsung tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap aktivitas olahraga, khususnya bersepeda selama pandemi Covid-19. Dia mengungkapkan transaksi sepeda dan aksesorisnya melonjak hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19.

“Kami juga melihat animo yang luar biasa dari masyarakat terhadap merek [sepeda] lokal. Peluncuran sepeda Element Indonesia, contohnya, disambut dengan antusiasme sangat tinggi dari masyarakat. Sebanyak 200 unit sepeda lipat terjual habis hanya dalam 40 detik,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Terkait dengan hal tersebut David mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus memfasilitasi pelaku usaha dari dalam negeri, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah yang menjajakan berbagai produk sepeda dan aksesorisnya agar mampu beradaptasi di tengah kondisi seperti saat ini.

“Kami terus berupaya memberikan panggung seluas-luasnya untuk pegiat usaha lokal, salah satunya di bidang olahraga, agar dapat beradaptasi di tengah pandemi melalui dukungan terhadap gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia,” ungkapnya.

David menambahkan dukungan ini sejalan dengan kampanye Tokopedia ‘Rayakan Semangat Baru’, untuk merayakan usia ke-11 dari Tokopedia dalam membantu para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, berjuang sekaligus berkontribusi memulihkan ekonomi yang saat ini terdampak pandemi.

Setali tiga uang, Vice President of Marketplace Bukalapak Kurnia Rosyada mengungkapkan penjualan produk pakaian dan perlengkapan olahraga, khususnya sepeda dan aksesorisnya mengalami kenaikan signifikan sejak Maret 2020.

“Penjualan sepeda di Bukalapak juga mengalami kenaikan cukup pesat sejak bulan Maret [2020], yaitu hingga 400 persen. [dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19],” ujarnya.

Menurut Kurnia, untuk kategori sepeda, pencarian paling populer pada kategori produk ini adalah sepeda lipat, lalu pada produk sepeda gunung atau mountain terrain bike (MTB). Selain itu, produk aksesoris sepeda seperti kacamata google, helm sepeda MTB serta tempat minum juga banyak dicari oleh konsumen di Bukalapak.

Selain itu, karena tingginya minat masyarakat terhadap produk sepeda dan aksesorisnya Bukalapak juga menghadirkan promo Bikin Asik Riding, yang dikhususkan untuk produk sepeda dan motor pada peringatan HUT RI ke-75 Agustus lalu.

“Pengguna dapat menikmati promo sepeda serba Rp75.000, diskon hingga 75%, serba Rp17.000 untuk satu unit sepeda, outwear, equipment, dan sparepart sepeda. Juga ada potongan ongkos kirim hingga Rp 50.000,” ungkap Kurnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro