Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)
Health

Mutasi Virus Corona D614G Lebih Agresif, Pemerintah Lakukan Investigasi

Novita Sari Simamora
Rabu, 2 September 2020 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah melakukan investigasi terkait mutasi virus corona (Covid-19) D614G yang  bisa menular hingga 10 kali lebih cepat.

Para peneliti di Indonesia menemukan strain mutasi virus corona yang dianggap lebih menular, D614G. Jenis ini juga ditemukan di beberapa negara Asia seperti Filipina dan Malaysia.

Namun, penelitian masih dilakukan dan belum tentu mutasi virus ini membuatnya jadi lebih berbahaya dari segi tingkat penularan dan keparahan penyakit.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihaknya masih perlu melakukan studi yang lebih lanjut terkait mutasi virus corona D614G, yang lebih mudah menular 10 kali lipat.

"Perlu kami pastikan bahwa proses penelitian dan investigasi tentang virus ini tentunya dilakukan lembaga penelitian dan Kementerian Kesehatan," kata Wiku, Selasa (1/9/2020).

Sementara itu, Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan bahwa virus corona yang bermutasi itu pertama kali ditemukan itu di Filipina. Saat itu, jumlah kasus Covid-19 di Filipina melampaui jumlah kasus di Indonesia.

Tri Yunis mengatakan bahwa virus corona D614G juga ditemukan di Malaysia dan Indonesia. Namun, peneliti Indonesia belum bisa memastikan fenotipe dan genotipe, secara genetik.

Mutasi itu virus corona itu tidak hanya ditemukan di Asean. Para ahli menyebut bahwa mutasi virus corona D614G juga ditemukan di Eropa dan Amerika Utara.

Paul Tambyah, konsultan senior di National University of Singapore dan presiden terpilih dari International Society of Infectious Diseases, mengatakan virus corona D614G ini menular lebih cepat, tetapi dengan tingkat kematian yang lebih rendah.

"Mungkin itu hal yang baik untuk memiliki virus yang lebih menular tetapi tidak terlalu mematikan," ujarnya dilansir dari Times of India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro