Ilustrasi
Health

Akhirnya, Vaksin Covid-19 Siap Edar Akhir 2020

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 September 2020 - 19:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan bahwa vaksin virus corona buatab perusahaannya dapat didistribusikan sebelum akhir tahun 2020.

"Saya tidak bisa mengatakan apa yang (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) akan lakukan, tapi saya pikir itu adalah skenario yang mungkin terjadi, dan kami sedang mempersiapkannya," kata Bourla dalam sebuah wawancara seperti dilansir dari Foxnews.

Pfizer, bersama dengan Moderna dan AstraZeneca, adalah salah satu dari tiga perusahaan yang saat ini dalam pengujian tahap akhir untuk vaksin virus corona baru, dan AstraZeneca pada Sabtu mengumumkan akan melanjutkan uji coba setelah menghentikan sementara demi alasan keamanan, CNBC melaporkan.

Sementara itu, Pfizer mendaftarkan  30.000 peserta dalam uji coba depan dan memiliki data penting dari uji coba FDA tahap akhir pada akhir Oktober.

Menurut CNBC, Pfizer, dalam kemitraan dengan produsen obat Jerman BioNTech, menandatangani kesepakatan senilai $ 1,95 miliar pada Juli dengan pemerintah AS untuk memproduksi dan mengirimkan 100 juta dosis vaksin mereka jika dianggap aman dan efektif.

Pada hari Minggu, Bourla mengatakan bahwa perusahaan telah menginvestasikan US$1,5 miliar dalam pengembangan vaksin potensial, tetapi meskipun kegagalan akan "menyakitkan", itu "tidak akan merusak perusahaan."

Pada hari Sabtu, Pfizer mengajukan proposal ke FDA untuk memperluas uji coba tahap akhir untuk memasukkan hingga 44.000 peserta, peningkatan yang signifikan dari target awal 30.000.

Menurut Fox Business, studi yang diperluas akan mencakup populasi yang lebih rentan di antara subjek uji, seperti remaja berusia 16 tahun dan orang dengan kondisi stabil kronis seperti HIV, hepatitis C, atau hepatitis B.

“Saya pikir kita harus berusaha untuk memiliki populasi yang lebih beragam, tapi saat ini kita tidak buruk, sebenarnya. Kami memiliki populasi yang secara global, hanya 60% adalah Kaukasia, 40% kurang lebih minoritas, ”kata Bourla

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro