Aktivitas di salah satu Laboratorium yang ada di Kalimantan Tengah,  Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat
Health

Obat Antibodi Baru Ditambahkan ke Percobaan Pengobatan Corona Oxford

Syaiful Millah
Selasa, 15 September 2020 - 11:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Percobaan Recovery yang membuktikan bahwa steroid telah menyelamatkan nyawa beberapa pasien Covid-19, akan menjalani pengobatan kombinasi antibodi baru dengan uji coba Oxofd. Ini diperkirakan merupakan pengobatan yang menjanjikan, tapi juga menjadi lebih mahal.

Dilansir dari The Guardian, Selasa (15/9/2020) sekelompok pasien yang mengikuti uji coba di sebagian rumah sakit National Health Services Inggris akan dialokasikan secara acak dalam eksperimental regeneron, yang disebut dengan REGN-COV2.

Obat tersebut merupakan kombinasi dari dua antibodi penawar manusia terhadap virus. Perusahaan yang terlibat sebelumnya juga mengembangkan obat antibodi serupa untuk melawan penyakit Ebola, yang disebabkan oleh virus.

Tidak seperti deksametason, obat ini terbukti menyelamatkan satu dari delapan pasien yang sakit parah karena penyakit pandemi Covid-19. Ini juga datang melalui studi hewan dan uji keamanan fase satu, dan sekarang sedang dalam tahapan uji coba tahap akhir di Amerika Serikat.

Peter Horby, profesor penyakit menular dan kesehatan global dari University of Oxford mengatakan bahwa mereka telah menemukan satu pengobatan seperti deksametason, yang bermanfaat bagi pasien Covid-19 tapi tingkat kematiannya terlalu tinggi.

“Uji coba Recovery dirancang khusus sehingga ketika obat yang menjanjikan seperti REGN COV2 tersedia, obat dapat diuji dengan cepat. Kami berharap dapat melihat seberapa aman dan efektif dalam konteks uji klinis acak berskala besar,” katanya.

Martin Landry, wakil kepala penyelidik uji coba dan profesor epidemiologi mengatakan hingga kini, pihaknya telah mempelajari apakah obat yang ada dapat digunakan kembali untuk mengatasi penyakit baru ini dengan rancangan khusus yang menargetkan virus corona baru.

“Ada alasan bagus untuk bersemangat tentang perkembangan baru ini. Recovery akan memberikan penilaian yang kuat tentang efek pengobatan kombinasi antibodi monoklonal yang dibuat di lab ini pada pasien rumah sakit,” tandasnya.

Jonathan Van Tam, wakil kepala petugas medis Inggris mengatakan bahwa uji coba Recovery telah diakui secara global sebagai salah satu pengujian paling sukses di dunia. Dia melanjutkan bahwa ini adalah langkah menjanjikan dalam pencarian untuk menemukan pengobatan yang efektif.

 Akan tetapi, ketika deksametason yang merupakan obat lawas dengan harga relatif terjangkau tidak lagi diperbolehkan untuk merawat pasien, muncul pertanyaan tentang keterjangkauan harga dari obat antibodi jenis baru yang sedang diuji tersebut.

Nick Cammack, pimpinan akselerator terapeutik Covid-19 di Wellcome menuturkan bahwa antivirus baru dan antibodi monoklonal adalah satu satu pengobatan yang menarik dan menjanjikan, tetapi juga yang paling mahal.

“Studi terkontrol acak skala besar seperti Recovery memberi kami pemahaman terbaik tentang apakah obat seperti REGN-COV2 aman dan efektif melawan Covid-19, tetapi kita harus memastikan bahwa pengobatan yang berhasil bisa tersedia untuk semua orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro