Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Apakah India Bisa Dapat Vaksin Virus Corona Tahun Ini?

Syaiful Millah
Jumat, 18 September 2020 - 13:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Laboratorium pembuat obat Reddy's Laboratories (DRL) mengumumkan bahwa mereka akan mendistribusikan 100 juta dosis vaksin Sputnik V Covid-19 Rusia di India setelah melakukan uji coba tahap akhir pada manusia dan menerima izin peraturan.

Jika badan pengawas obat terkemuka India menandatangani uji coba fase 3 di negara tersebut, Sputnik V akan menggantikan 'Covishield' Serum Institute of India (SII) sebagai pelopor dalam perlombaan untuk memproduksi vaksin Covid-19 di India.

Dilansir dari India Express, Jumat (18/9) berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang kerja sama antara India dan Rusia terkait dengan vaksin Sputnik V.

Apa itu vaksin Sputnik V?

Sputnik V adalah vaksin yang menggunakan teknologi 'vektor adenoviral manusia'. Adenovirus menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari demam, batuk, dan sakit tenggorokan hingga mata merah, diare, dan infeksi kandung kemih.

Adenovirus dimodifikasi dan dilemahkan sehingga tidak dapat berkembang biak di dalam tubuh manusia. Sebaliknya, ia akan bertindak seperti trojan horse, membawa instruksi bagi sel-sel dalam tubuh manusia untuk menghasilkan lapisan luar runcing (spike protein) SARS-CoV-2.

Hal ini diharapkan dapat membantu tubuh mengenali protein spike sebagai zat asing dan membangun respon imun terhadapnya sehingga dapat mengatasi virus yang sebenarnya ketika mencoba menginfeksi.

Sputnik V menggunakan dua adenovirus yang dimodifikasi secara genetik untuk membawa protein lonjakan. Vaksin yang mengandung adenovirus kedua diberikan 21 hari setelah yang pertama, dan diharapkan dapat meningkatkan respon imun tubuh dan membangun imunitas yang tahan lama.

Vaksin tersebut dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology di Rusia. Dan telah disetujui untuk digunakan publik di Rusia pada Agustus lalu. Tindakan ini memicu kekhawatiran ahli kesehatan tentang keamanan pasien yang menggunakan vaksin. 

Apa arti perjanjian ini bagi India? Seberapa cepat akan tersedia untuk umum di negara ini?

Sementara India telah berdiskusi dengan Rusia untuk menjajaki kemungkinan menggunakan Sputnik V di negaranya selama sekitar satu bulan sekarang, kesepakatan DRL adalah perkembangan konkret pertama yang menunjukkan vaksin akan datang ke India.

DRL pada hari Rabu (16/9) mengumumkan kesepakatannya dengan Russian Direct Investment Fund (RDIF) untuk melakukan uji klinis fase 3 pada manusia dari vaksin di India, setelah itu akan mendistribusikan vaksin untuk penggunaan umum.

Jika jadwal yang diberikan oleh RDIF dapat terwujud, sekitar 100 juta (10 crore) orang India dapat berharap untuk mulai mendapatkan vaksin Covid-19 pada akhir tahun ini. Juru bicara RDIF menuturkan setiap dosis vaksin termasuk dua botol berisi vektor adenoviral terpisah,

Mengikuti prioritas vaksinasi pemerintah, perawatan kesehatan, dan pekerja garis depan, serta mereka yang bekerja dalam pekerjaan yang akan membuat mereka rentan terhadap paparan Covid-19, mungkin kelompok ini yang akan menjadi orang pertama untuk mendapatkan vaksin ini.

Baru selanjutnya, akan digunakan secara luas. Namun demikian ini akan tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan uji coba fase 3 di India, dan apakah otoritas India yakin dengan data keamanan dan kemanjuran yang dihasilkan dalam uji coba ini.

Pengembangan vaksin apa pun adalah proses yang panjang dan rumit. Apa hal-hal yang harus diperhatikan kandidat Rusia di masa depan?

Vaksin ini telah disetujui di Rusia bahkan sebelum uji coba fase 3 dilakukan. Bahkan uji coba manusia fase 1 dan 2 dilakukan pada sekelompok kecil yang terdiri dari kurang dari 100 orang. Sementara temuan dari studi awal menunjukkan bahwa vaksin itu aman, jumlah relawan yang relatif kecil dalam uji coba, dan melewatkan uji coba fase 3 sebelum persetujuan, telah menuai kritik global.

Satu-satunya cara untuk memastikan keamanan dan efektivitas vaksin ini adalah dengan melihat informasi jangka panjang dari mereka yang divaksinasi pada uji coba sebelumnya, serta melakukan uji coba fase 3 yang lebih besar dalam periode waktu yang lebih lama.

Uji coba fase 3 ini sering kali melibatkan ribuan sukarelawan yang mewakili populasi yang lebih beragam, dan memeriksa apakah vaksin tersebut mampu menghasilkan respons imun yang diperlukan secara efektif dan tanpa reaksi merugikan yang serius.

Untuk tujuan ini, RDIF menyebut uji coba pasca-pendaftaran yang melibatkan 40.000 relawan sekarang sedang berlangsung,. Brasil juga diharapkan menyetujui vaksin untuk penggunaan lokal hanya setelah uji coba fase 3.

Seberapa baik vaksin ini di India sekarang akan bergantung pada protokol yang diikuti DRL, hasil dari uji coba fase 3 di sini dan data yang dihasilkan dari uji coba pasca-pendaftaran di Rusia dan uji coba tahap akhir di negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro