Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020./Antara-Xinhua
Health

WHO: Kehidupan Normal Baru Bisa Dimulai Pada 2022

Rezha Hadyan
Jumat, 18 September 2020 - 20:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan kehidupan normal seperti sebelum merebaknya pandemi Covid-19 baru bisa dilakukan paling cepat pada 2020.

Mengutip CNN pada Jumat (18/9/2020), Dr. Soumya Swaminathan, kepala petugas sains di Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss mengatakan pihaknya harus mempertahankan jenis tindakan yang sama yang saat ini diterapkan dengan jarak fisik, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan pernafasan.

"Kami melihat pada tahun 2022 setidaknya sebelum cukup banyak orang mulai mendapatkan vaksin untuk membangun kekebalan. Itu harus dilanjutkan setelah vaksin mulai diluncurkan, karena kami membutuhkan 60 persen hingga 70 persen populasi untuk memiliki kekebalan sebelum Anda mulai melihat penurunan dramatis dalam penularan virus ini," kata Swaminathan.

Selain itu, dia juga tidak tahu berapa lama vaksin yang telah disiapkan akan melindungi setiap individu. Tidak menutup kemungkinan vaksin tersebut masih tetap memerlukan booster.

Swaminathan menambahkan bahwa pejabat kesehatan saat ini sedang mencari cara untuk mengendalikan virus corona yang menyebabkan Covid-19, daripada menghilangkannya pada saat ini.

Sementara garis waktu tetap tidak pasti dan sulit untuk diprediksi, "Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa bisa jadi 2022 ketika kita akan mulai berpikir untuk kembali ke kehidupan normal sebelum Covid."

Swaminathan menambahkan bahwa dia tidak berpikir virus corona akan menjadi virus musiman seiring berjalannya waktu, tetapi sebaliknya kita bisa berharap untuk melihat bagaimana pasang surut dalam kasus dan penularan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro