Implan untuk payudara/fda.gov
Fashion

Permintaan Bedah Plastik Meningkat di Tengah Lockdown

Nirmala Aninda
Jumat, 18 September 2020 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Melihat diri sendiri di layar berulang kali mendorong orang untuk terobsesi dengan citra tubuh dan kekurangan yang dirasakan.

Ini adalah karakter umum dari aktor yang melihat dirinya di TV dan film selama bertahun-tahun, dan yang harus menyesuaikan diri dengan standar kecantikan yang tidak realistis dalam industri tersebut.

Tidak mengherankan bahwa setelah berbulan-bulan melakukan percakapan melalui video call, banyak dari kita mulai menganalisis - dan mengkritik - penampilan kita lebih dari biasanya.

Dokter kosmetik dan ahli bedah plastik di seluruh dunia - Australia, AS, Inggris, Jepang, Korea Selatan - telah melaporkan lonjakan pemesanan untuk perawatan bedah dan non-bedah setelah penguncian. Ini disebut sebagai 'Zoom Boom'.

"Lockdown Face 'telah menjadi sesuatu," kata Ashton Collins, direktur Save Face, praktisi kosmetik terakreditasi, seperti dikutip melalui BBC, Jumat (18/9/2020).

Klinik kecantikan dibanjiri dengan berbagai keluhan, "Saya memperhatikan bahwa garis kerutan saya sangat buruk, bibir saya perlu diperbaiki, atau hidung saya bengkok".

Sejak lockdown dimulai pada bulan Maret di Inggris, Save Face telah melihat lonjakan traffic hingga 40 persen lebih banyak ke situs webnya, dengan orang-orang yang melihat-lihat paket perawatan.

Prosedur ini tentu mahal.

Orang Amerika menghabiskan lebih dari US$16,6 miliar untuk operasi plastik kosmetik pada tahun 2018, menurut American Society of Plastic Surgeons, dengan perawatan facelift rata-rata menghabiskan biaya hampir US$8.000.

Asosiasi Ahli Bedah Plastik Estetika Inggris (BAAPS) mengatakan para dokter melaporkan hingga 70 persen peningkatan permintaan konsultasi virtual selama periode lockdown, karena pasien terus mempertimbangkan perawatan yang bisa mereka dapatkan begitu mereka bisa menemui ahli bedah secara tatap muka.

Demikian pula, survei terbaru oleh American Society of Plastic Surgeons menunjukkan bahwa 64 persen dokter telah melihat peningkatan dalam konsultasi virtual mereka sejak dimulainya Covid-19.

Perawatan sederhana seperti suntik botox atau filler adalah perawatan yang paling banyak diminta, diikuti dengan prosedur yang lebih invasif, seperti pembesaran payudara dan sedot lemak.

Meskipun wanita secara historis memiliki proporsi prosedur kosmetik yang jauh lebih besar daripada pria, Zoom Boom tidak hanya untuk wanita.

Munir Somji, seorang dokter kosmetik yang bekerja di Klinik Dr MediSpa London, mengatakan bahwa dia menerima peningkatan jumlah pria yang meminta transplantasi rambut, setelah waktu yang mereka habiskan untuk melihat rambut mereka dari layar video call.

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui apakah Zoom Boom akan mereda setelah Covid-19, masih ada daya tarik operasi plastik yang tidak lekang oleh waktu yang kemungkinan akan bertahan lama.

Jill Owen, psikolog dari The British Psychological Society, memperingatkan bahwa versi diri kita yang kita lihat di layar dapat menipu dan berbeda dari kenyataan.

Owen menambahkan bahwa perangkat seperti smartphone dapat lebih mengubah citra tubuh, dari sudut pandang ketika memegang gawai.

Beberapa saran medis menekankan pentingnya pergi ke profesional yang memenuhi syarat dan bertanggung jawab dengan pilihan untuk mengubah penampilan dengan operasi plastik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro