Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jangan Lewatkan Tahapan Ini Agar Kulit Wajah Tetap Sehat dan Glowing

Bagi pemilik kulit wajah kering, boleh memilih pelembab yang mengandung ceramaid.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 21 September 2020  |  14:16 WIB
Perawatan kulit pria - Istimewa
Perawatan kulit pria - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap orang tentu ingin memiliki wajah yang sehat dan bercahaya. Untuk mendapatkannya, diperlukan perawatan wajah yang rutin dilakukan setiap hari dari rumah saja.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Muhammad Sjahrir mengatakan pada dasarnya hanya ada tiga perawatan yang wajib dilakukan agar kulit wajah tetap sehat dan bercahaya yaitu membersihkan wajah dengan sabun pembersih, melembabkan wajah dengan moisturizer, dan menjaga atau melindungi wajah dengan sunblock.

Namun, untuk menentukan produk skincare yang akan dipilih, harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Misalnya untuk wajah yang berminyak, perlu memilih produk pembersih yang mampu membersihkan kadar minyak dan kotoran berlebih tanpa merusak lemak-lemak alami yang ada di wajah.

Sementara itu, untuk pemilik kulit wajah kering, boleh memilih pelembab yang mengandung ceramaid sedangkan untuk kulit wajah normal biasanya lebih mudah dalam dalam memilih produk perawatan.

“Kita harus benar-benar jeli dalam memilih produk perawatan sesuai dengan kulit wajah. Bukan berarti yang mahal itu cocok, yang penting sesuai dengan jenis kulit wajah dan aman digunakan,” ujarnya, dalam bincang santai bersama Bisnis.com, Jumat (18/9/2020).

Adapun untuk pemilihan moisturizer juga perlu disesuaikan dengan kulit wajah. Biasanya untuk yang memiliki wajah berminyak, lebih cocok menggunakan pelembab yang berbentuk gel atau lotion karena lebih ringan dan tidak lengket. Sedangkan untuk si pemilik kulit kering atau normal, bisa memilih yang bentuknya cream.

Setelah melalui tahapan membersihkan dan melembabkan, hal terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah melindungi kulit wajah dengan sunblock yang memiliki SPF di atas 30 serta mengandung UV A dan UV B. Sunblock ini menurutnya dapat digunakan sekitar 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas ke luar rumah.

“Tiga tahapan utama dalam proses perawatan wajah tersebut jangan sampai terlewat sebab dengan rutin melakukan perawatan, maka kita dapat mengembalikan kadar air di wajah, mengendalikan kadar lemak alami kulit, mengembalikan regenerasi kulit, dan menjaga pigmentasi kulit agar merata,” terangnya.

Jika tidak melakukan perawatan dengan baik, efek yang paling terasa adalah wajah terlihat kusam sehingga rona wajahnya kurang bercahaya. Hal tersebut terjadi karena  proses regenerasi kulit atau pergantian kulit dari lapisan bawah ke lapisan atas berjalan lambat sehingga banyak sel kulit mati.

“Bagi yang wajahnya kusam wajib segera melakukan skincare dengan baik sehingga regenerasi kulitnya dapat berjalan. boleh memasukkan serum ke dalam rangkaian perawatan wajahnya, misalnya serum vitamin C,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit make up perawatan kulit
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top