Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif./Euronews
Health

Pembuat Vaksin Sebaiknya Ungkap Kandungan Plasebo yang Disuntikkan ke Sukarelawan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 24 September 2020 - 05:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa peneliti yang melakukan uji klinis pada vaksin COVID-19 belum mengungkapkan kepada publik apa yang terkandung dalam plasebo, tetapi mereka seharusnya menjelaskannya.

Ini karena bahan-bahan plasebo memengaruhi seberapa efektif atau berbahaya pengobatan aktif, yang dibandingkan dengan plasebo, muncul. 

Dalam beberapa uji coba vaksin COVID-19, peserta dalam kelompok kontrol (kelompok yang menerima plasebo) disuntik dengan larutan garam. Dalam uji coba lain, mereka menerima pengobatan yang sebenarnya. Misalnya, dalam vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Universitas Oxford, kelompok kontrol menerima vaksin meningitis dan septikemia sebagai plasebo.

Manfaat menggunakan vaksin yang sebenarnya sebagai pengendali plasebo adalah akan menyebabkan reaksi yang sama di tempat suntikan seperti vaksin COVID-19, seperti nyeri otot. Hal ini mencegah pasien untuk mengetahui apakah mereka mendapatkan plasebo atau pengobatan yang sebenarnya. Istilah ilmiah untuk menyembunyikan pengetahuan tentang siapa yang mendapat pengobatan adalah "membutakan".

Jika pasien tahu bahwa mereka mendapatkan hal yang nyata, mereka mungkin berharap untuk menjadi lebih baik, dan harapan mereka dapat membuat mereka menjadi lebih baik sedikit lebih cepat.

Dan jika mereka tahu bahwa mereka mendapatkan plasebo, mereka dapat keluar dari uji coba karena mereka tahu bahwa mereka tidak mendapatkan pengobatan yang sebenarnya. Menambahkan vaksin aktual ke kontrol plasebo membantu percobaan tetap buta dan dengan demikian mencegah bias yang timbul dari ekspektasi yang berbeda.

Masalah utama dengan memasukkan sesuatu yang aktif ke dalam plasebo, seperti vaksin lain, adalah dapat membingungkan para peneliti ketika mereka mengukur efek sampingnya.

Kami menentukan apakah pengobatan aktif memiliki efek samping tertentu, seperti kemerahan dan bengkak di tempat jarum masuk, dengan membandingkannya dengan plasebo. Dengan cara yang sama kami menyimpulkan bahwa pengobatan aktif bekerja jika lebih baik daripada plasebo, kami menyimpulkan bahwa itu berbahaya jika memiliki lebih banyak efek samping daripada plasebo.

Apa yang dicari peneliti adalah perbedaan. Jadi jika vaksin aktif menyebabkan lebih banyak mati rasa di tempat suntikan daripada plasebo, Anda dapat mengatakan bahwa mati rasa adalah efek samping dari vaksin aktif. Tetapi jika plasebo dirancang untuk menyebabkan efek samping (seperti kemerahan dan bengkak), cara normal untuk mendeteksi efek samping tidak akan berhasil. Karena plasebo menyebabkan efek samping, kami tidak dapat lagi mendeteksi perbedaan. Dengan kata lain, kedua efek samping tersebut, karena sama, saling meniadakan.

Masalahnya adalah kita jarang tahu bagaimana menafsirkan informasi efek samping dalam uji coba karena peneliti jarang melaporkan apa yang ada di dalam plasebo. Melaporkan bahan-bahan plasebo, khususnya dalam uji coba vaksin, tidaklah umum. Hal ini membuat sulit untuk mengetahui apa bahaya sebenarnya dari vaksin tersebut. Hal yang sama berlaku untuk sebagian besar perawatan yang diuji dalam uji coba dengan plasebo yang tidak diketahui.

Kontrol plasebo adalah standar emas yang digunakan untuk mengukur perawatan baru. Jika pengobatan baru terbukti lebih baik daripada plasebo, pengobatan itu dianggap efektif. Kalau tidak, tidak. Masalahnya, hingga saat ini, belum ada standar untuk placebo, yang membuat perkiraan efek sampingnya membingungkan. Panduan baru kami memperbaiki masalah ini dengan mendorong pelaporan bahan-bahan plasebo yang cermat.

Kami telah mengetahui tentang kegagalan dan kebutuhan untuk melaporkan apa yang ada di plasebo selama 15 tahun. Dengan mengikuti pedoman baru, kami dapat memperoleh informasi yang lebih akurat tentang seberapa bermanfaat dan berbahaya pengobatan yang diuji dalam uji coba terkontrol plasebo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro