Sejumlah warga yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 saat dipulangkan dari tempat karantina di Asrama Haji Surabaya, Kamis (2/6/2020)./ ANTARA-Humas Pemkot Surabaya
Health

Pasien Covid-19 Bisa Lebih Cepat Sembuh, Asal...

Aprianus Doni Tolok
Jumat, 2 Oktober 2020 - 20:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dukungan moral dapat berperan besar dalam proses penyembuhan pasien yang terinfeksi virus Corona (Covid-19).

"Pasien yang pikirannya bisa positif, pasien yang bisa dibawa enjoy, itu beneran cepat banget, mulus banget sembuhnya," ujar dr. Debryna, dokter yang menjadi relawan di RSD Wisma Atlet Kemayoran, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (2/10/2020).

Perawat Rustina Susanti yang bertugas di RSUS dr. Kanujoso di Balikpapan menambahkan bahwa teman dan keluarga pasien hanya cukup membuatnya tertawa agar pasien tetap berpikir positif dan mempercepat proses kesembuhan.

Mengetahui pasien yang mereka rawat akhirnya negatif Covid-19 alias sembuh tentu menjadi penyemangat atau membuat para tenaga kesehatan ikut bahagia.

Namun, berada di lingkungan terdekat dengan pasien Covid-19 menjadikan para tenaga kesehatan rentan ikut terpapar Covid-19. Kekhawatiran bukan hanya muncul dari dalam diri, tetapi juga keluarga.

Dokter Debryna mengaku keluarganya sempat tidak setuju terkait keputusannya menjadi dokter relawan yang menangani pasien Covid-19.

Namun, perlahan dia berusaha meyakinkan keluarganya bahwa keputusannya tersebut sudah bulat atas nama kemanusiaan.

Setali tiga uang, Susanti pun hanya bisa mengingatkan anak-anaknya untuk menjaga diri dan menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19.

"Yang penting kita semua jaga diri. Pakai masker, minum vitamin dan makan teratur. Semoga kita dijaga oleh Allah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro