Anak bermain bersama orangtua selama pandemi virus corona (Covid-19)
Health

Orang Tua Bisa Lakukan Ini Agar Anak Taat Protokol Kesehatan

Annisa Sulistyo Rini
Minggu, 4 Oktober 2020 - 14:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Taat protokol kesehatan saat ini menjadi cara untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Protokol kesehatan yang harus ditaati antara lain menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan juga mencuci tangan pakai sabun.

Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), mengatakan agar anak mau menaati protokol kesehatan di masa pandemi, maka orang tua harus mengubah pola didik agar anak betah dan nyaman di rumah.

"Pola yang dikembangkan harus lebih demokratis, misalnya tidak ada pemaksaan dan juga didiskusikan dengan anggota keluarga mengenai bahaya Covid-19," ujarnya dalam diskusi daring melalui akun Youtube BNPB Indonesia, Minggu (4/10/2020).

Memberikan penjelasan kepada anak mengenai protokol kesehatan juga disesuaikan dengan usia anak. Untuk balita, Kak Seto, panggilan akrabnya, orang tua bisa menjelaskan kewajiban penggunaan masker melalui dongeng boneka atau melalui nyanyian yang mengajak anak mencuci tangan.

Sementara, untuk usia remaja, bisa dengan diskusi dan tidak ada pemaksaan. Apalagi, di media sosial saat ini banyak pengaruh yang tidak tepat. Melalui diskusi, lanjut Kak Seto, anak-anak bisa mendapatkan pemahaman yang benar terkait dengan pandemi.

"Jadi, dengan cara-cara mudah dan sederhana serta tidak ada pemaksaan, anak-anak akan mengikuti dan memahami keputusan bersama," jelas Kak Seto.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro