Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

Panduan Lengkap WHO untuk Lansia di Era Pandemi Corona

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 5 Oktober 2020 - 13:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan lanjut usia atau lansia merupakan golongan yang rentan terinfeksi virus Corona (Covid-19). Selain daya tahan tubuh yang berkurang, banyak kaum lansia yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid sehingga meningkatkan risiko meninggal dunia akibat Covid-19.

Untuk mengurangi potensi tersebut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan gaya hidup bagi lansia agar tetap sehat di era pandemi virus Corona.

Dikutip dari situs who.int/Indonesia, ada beberapa saran dan panduan yang dapat diikuti oleh orang berusia lanjut guna memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari virus Corona.

Pertama, WHO mengingatkan agar kaum lansia tetap menjalankan sedikit aktivitas dibandingkan hanya berdiam diri di rumah. Kalangan lansia bisa memulai dengan aktivitas ringan yang nantinya ditingkatkan secara bertahap.

"Berusaha untuk tidak duduk terlalu lama. Anda dapat berdiri dan bergerak sepanjang hari, misalnya melakukan tugas-tugas rumah," tulis WHO seperti dikutip dalam situs resmi, Senin (5/10/2020).

Kedua, WHO menyarankan agar orang lanjut usia untuk memanfaatkan berat tubuh yang dimiliki dan benda-benda sekitar untuk melakukan olah raga ringan.

Orang tua, lanjut WHO, juga bisa mengikuti olah raga secara virtual atau online melalui aplikasi. WHO tidak menyarankan olah raga secara langsung atau menghindari kerumunan karena tidak sesuai dengan anjuran jaga jarak (social distancing). 

"Silakan atur sesi olah raga virtual bersama teman-teman atau keluarga Anda," imbuh WHO.

Ketiga, atur jadwal aktivitas harian yang memungkinkan agar orang tua bisa beraktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari.

Aktivitas fisik yang dimaksud, misalnya berjalan kaki, bersepeda santai, atau mengikuti olah raga berdampak ringan ke tubuh (low impact).

Terakhir, WHO meminta agar penyedia pelayanan kesehatan dapat membantu kaum lansia untuk memberi rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan sehari-hari.

"Anda bisa tanya ke petugas pelayanan kesehatan untuk mengetahui aktivitas yang cocok dengan kondisi fisik saat ini. Olah raga yang rutin dapat membentuk ketahanan, kelenturan, dan kesehatan tubuh di saat pandemi," tulis WHO.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro