Ilustrasi anime Jepang. /Dok. tokyotreat.com
Entertainment

Ini Daftar Situs Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia

Akbar Evandio
Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda penggemar serial kartun Jepang, menonton tayangan favorit melalui situs legal adalah pilihan yang tepat. Pasalnya Jepang, negara asal produk anime dan manga tersebut akan merevisi tentang peraturan hak cipta media.

Dikutip melalui ANN, pada revisi terbaru undang-undang hak cipta ini, juga terdapat pelarangan situs-situs yang menyediakan aggregator dan tautan ke media yang telah dibajak. Peraturan ini akan mulai dijalankan pada 1 Oktober 2020. Selain itu, pelaku yang menyebarkan tautan unduhan anime dan manga bajakan juga akan ikut terkena imbas dari peraturan ini.

Hukumannya pun tak main-main, pelanggar dapat dikenai denda sebesar 2 juta Yen (Rp276 juta) atau 2 tahun penjara. Kemudian, untuk penyedia media bajakan akan dikenai denda 5 juta Yen (Rp692 juta) atau 5 tahun penjara.

Adapun, Bisnis.com telah merangkum beberapa situs nonton anime subtitle Indonesia yang legal:

1. Muse Asia
Muse Asia merupakan cabang perusahaan dari Muse Communications Taiwan. Muse Communications sendiri merupakan distributor, lisensor, sekaligus produser anime yang aktif sejak 1992.

Channel Muse Asia hadir di YouTube lebih awal dari Ani-One Asia. Mereka pertama kali mengunggah anime yang bisa mereka tayangkan dan anime dari musim penayangan Spring 2019 pada Juni 2019.

Adapun, salah satu anime yang ditayangkan dalam channel ini adalah Moriarty the Patriot, sebagaimana telah diberitakan sebelumnya serial komik karya Ryosuke Takeuchi dan Hikaru Miyoshi ini diumumkan akan diadaptasi menjadi anime.

2. Genflix
Genflix adalah salah satu tempat streaming anime legal. Di sini pengguna bisa menonton anime ber-subtitle berbahasa Indonesia secara gratis. Namun tidak semuanya gratis, pengguna harus membayar pada episode berikutnya. Situs ini memiliki judul-judul anime ternama seperti Boku no Hero Academia maupun Dr. Stone.

3. Netflix
Netflix juga menyediakan anime legal ber-subtitle Indonesia. Adapun platform ini memfokuskan pada TV series mereka. Netflix memiliki karya original dan membuat anime original dengan bekerja sama dengan studio anime asal jepang, sebut saja beberapa judul seperti Devil Man Crybaby. Selain itu, beberapa anime yang gagal tayang di bioskop karena Covid-19, dirilis di Netflix.

4. Crunchyroll
Crunchyroll merupakan salah satu situs streaming anime dengan lebih dari 850 judul yang tersedia. Pengguna bisa menikmati layanan Crunchyroll secara gratis selama 14 hari, tetapi dengan batasan konten dan adanya iklan. Adapun, pengguna bisa berlangganan Premium Membership per bulan dengan biaya sebesar US$7,99 (sekitar Rp114.000).

5. Funimation
Funimation memiliki beberapa judul dari seasonal anime dengan jarak satu minggu setelah tayang di Jepang yang kemudian baru tersedia di situs ini. Beberapa anime musim semi yang tayang di Funimation yaitu One Piece, Black Clover, Fruits Basket Season 2 dan lainnya.

Adapun, untuk biaya langganan, dengan US$7,99 (sekitar Rp114.000) pengguna bisa berlangganan di Funimation dengan beberapa keuntungan, yaitu bisa mengunduh anime dan menontonnya secara luring di perangkat Android atau iOS.

6. Line Webtoon Indonesia
Line Webtoon Indonesia adalah streaming anime legal ber-subtitle Indonesia. Channel ini hanya menayangkan anime dari seri Webtoon dengan subtitle bahasa Indonesia. Anime yang paling populer di channel ini adalah The God of High School. Mudah-mudahan ke depannya, channel ini menyediakan banyak judul anime.

7. Ani One
Channel ini cocok untuk menonton anime legal ber-subtitle Indonesia. Menonton anime di sini gratis dengan resolusi full high definition (HD). Anime-anime yang dihadirkan ada yang update dan lawas.

8. Hulu
Hulu memiliki ratusan judul anime seperti K-On, Attack on Titan, Fullmetal Alchemist, Death Note, Naruto, Gundam dan lainnya. Beberapa anime yang ada di Hulu memiliki dubbing dalam bahasa Inggris dan tentunya subtitle dalam bahasa Inggris. Hulu memberikan layanan gratis selama satu bulan untuk menikmati ribuan koleksi film, TV series dan tentunya anime.

Adapun dengan US$5,99 (sekitar Rp85.000) pengguna bisa mengakses semua koleksi Hulu dengan iklan. Adapun, untuk layanan per bulan tanpa iklan Hulu memasang tarif US$11,59 (sekitar Rp171.000).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro