Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Vaksin Sinovac - ugm.ac
Premium

Kritik dan Catatan Suntik Vaksin Darurat RI Produksi China

16 Oktober 2020 | 18:44 WIB
Dari 6 vaksin yang kini sedang masuk tahap uji klinis fase 3 atau terakhir, belum ada satupun yang dinyatakan “layak” digunakan. Bahkan, setidaknya tiga dari enam vaksin itu ditunda uji cobanya karena memicu efek samping sakit pada sukarelawannya. Yakni vaksin buatan Oxford dan AstraZeneca, kemudian vaksin dari Jhonson & Jhonson, dan terakhir dari Eli Lilly.

Bisnis.com, JAKARTA – Uji klinis vaksin covid-19 di seluruh dunia, belumlah mencapai final dan mendapat lampu hijau dari Organisasi Kesehatan Duni (WHO) untuk diedarkan dan digunakan.

Dari 9 vaksin yang kini sedang masuk tahap uji klinis fase 3 atau terakhir, belum ada satupun yang dinyatakan “layak” digunakan. Bahkan, setidaknya tiga dari enam vaksin itu ditunda uji cobanya karena memicu efek samping sakit pada sukarelawannya. Yakni vaksin buatan Oxford dan AstraZeneca, kemudian vaksin dari Jhonson & Jhonson, dan terakhir dari Eli Lilly.

Artinya, belum ada satupun dari seluruh vaksin itu siap diinjeksi, karena kekhawatiran dampak yang bisa saja membahayakan. Termasuk juga vaksin buatan China yang dipastikan akan diimpor Indonesia untuk memvaksinasi jutaan warga Indonesia.

Tapi, tiba-tiba, pemerintah Indonesia menyatakan akan segera menyuntik vaksin pada November 2020. Dengan sasaran pertama, adalah tenaga kesehatan, pelayanan public, TNI/Polri, dan seluruh tenaga pendidik. Berani atau nekad? Mungkin keduanya. Atau juga pemerintah sudah sangat yakin bahwa vaksin ini sudah benar-benar aman. Berbekal, selama uji vaksin sejak September 2020 diklaim tidak memicu reaksi yang membahayakan.

Tak tanggung-tanggung, jutaan dosis akan diterbangkan dan disuntikkan mulai November 2020.  Untuk tahun ini Cansino menyanggupi 100.000 vaksin (single dose) pada bulan November 2020, dan sekitar 15 - 20 juta untuk tahun 2021.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top