Seledri memiliki manfaat bagi tubuh./ilutrasi
Health

5 Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Novita Sari Simamora
Senin, 19 Oktober 2020 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebatang seledri mengandung 10 kalori. Seledri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. 

Mengutip dari Healthline, Senin (19/10/2020), aroma khas daun seledri yang kenyal sudak cukup dikenal sebagai makanan bagi orang yang ingin diet. Berikut beberapa manfaat seledri bagi kesehatan:

1. Mengandung sumber antioksidan

Antioksidan melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif. Seledri mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid.

Anda juga perlu mengetahui bahwa ada 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang ditemukan dalam satu tangkai seledri. Ini juga merupakan sumber fitonutrien yang luar biasa, yang telah terbukti mengurangi kejadian peradangan pada saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

2. Seledri mengurangi peradangan

Bila Anda memiliki peradangan kronis termasuk artritis dan osteoporosis, maka seledri dan biji seledri memiliki kurang lebih 25 senyawa anti inflamasi yang dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan dalam tubuh.

3. Seledri bisa menyehatkan saluran pencernaan

Seledri memiliki manfaat khusus untuk perut. Polisakarida berbasis pektin yang ada di dalam seledri, termasuk senyawa yang dikenal sebagai apiuman, telah terbukti mengurangi kasus tukak lambung, memperbaiki lapisan lambung, dan memodulasi sekresi lambung pada penelitian pada hewan.

Seledri memiliki kandungan air yang tinggi hampir 95 persen. Kandungan ini akan membuat saluran pencernaan menjadi sehat.

4. Seledri kaya vitamin dan mineral dengan indeks glikemik rendah

Seledri mengandung vitamin A, K, dan C, mineral seperti kalium, folat dan rendah natrium. Plus, indeks glikemiknya rendah, yang berarti memiliki efek yang lambat dan stabil pada gula darah Anda.

5. Mengandung efek alkali

Seledri mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, natrium, dan memiliki efek menetralkan makanan asam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro