Ilustrasi/Businessnewsdaily
Relationship

Jangan Putus Asa, Lakukan 6 Hal Ini Untuk Kembalikan Semangat

Dewi Andriani
Senin, 19 Oktober 2020 - 12:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tak sedikit orang yang merasa hidupnya begitu hancur dan putus asa ketika terjatuh atau gagal meraih impian yang sudah di depan mata.

Dalam kondisi tersebut, maka Anda tak perlu meratapinya. Kunci paling utama adalah ketahanan dan berfokus pada kemampuan, alih-alih pada keterbatasan.

Penulis, pembicara, dan pelatih ketahanan Rodney Flowers menuturkan jika Anda fokus pada apa yang dapat Anda lakukan daripada apa yang tidak dapat Anda lakukan, Anda juga akan berada di jalur untuk menemukan ketahanan Anda. Berikut 6 hal yang perlu Anda ketahui agar dapat bangkit kembali saat hidup terasa begitu berat, seperti dikutip dari Your Tango:

1. Luangkan waktu untuk memulihkan diri

Sebelum lakukan hal lain, fokuslah pada dirimu sendiri. Rodney melihat ini sebagai aktivitas fundamental. Beristirahatlah dan biarkan diri Anda sembuh. Dalam situasi ini kita diberi kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Dengan meluangkan waktu untuk memulihkan diri, Anda dapat menilai kembali apa yang penting bagi Anda sebelum melanjutkan.

2. Ubah persepsi Anda

Untuk memikirkan langkah selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan cara Anda memandang situasinya. Akan selalu ada pertentangan dan perlawanan dalam hidup Anda. Kita semua memiliki kesamaan itu. Perbedaannya terletak pada cara Anda memandang dan mengelolanya. Anda akan menjadi siapa, terlepas dari rintangan yang Anda hadapi.

3. Sadari keterbatasan Anda

Setiap orang semua memiliki keterbatasan dalam hidup, beberapa mungkin ada yang lebih dari yang lain. Namun, jangan abaikan kelemahan Anda, kenali itu. Kemudian, jangan biarkan keterbatasan tersebut menguasai Anda tapi jadikanlah itu sebagai kekuatan.

4. Fokus pada kekuatan Anda

Apa yang Anda kuasai? Apa yang Anda suka lakukan? Kemampuan dan keinginan Anda yang memotivasi dan memperbarui energi Anda adalah kekuatan Anda. Alihkan fokus Anda pada kekuatan yang Anda miliki, dan Anda akan mampu mengatasi keterbatasan tersebut.

5. Bersikaplah realistis dengan diri Anda

Dalam proses ini, penting untuk tetap menjadi autentik. Jangan abaikan apa yang perlu Anda perbaiki. Setelah Anda tahu di mana Anda perlu meningkatkan, Anda dapat mengambil tindakan. Ini adalah ketahanan pada level terdalamnya. Kembali ke dirimu yang sebenarnya. Bukan yang dibuat oleh keluarga, teman, atau pekerjaan Anda. Hapus semuanya dan cari tahu siapa Anda.

6. Latih kesadaran Anda

Pikiran Anda mungkin tampak penuh, tetapi Anda jarang penuh perhatian. Tingkatkan kesadaran Anda tentang apa yang Anda pikirkan. Kemudian berusahalah untuk fokus pada apa yang membangun Anda. Anda tidak dapat membuat visi baru jika Anda melihat hal-hal seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro