Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung./Bisnis-Dea Andriyawan
Fashion

Pengguna Baru Teknologi untuk PJJ dan Telemedis Paling Banyak Selama Pandemi

Dewi Andriani
Kamis, 22 Oktober 2020 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain mengurangi pergerakan yang membuat masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah selama lebih dari satu semester, pandemi Covid-19 terbukti mengubah perilaku masyarakat, salah satunya adalah peralihan hampir segala jenis aktivitas ke sistem digital.

Berdasarkan survei berjudul Indonesian consumer sentiment during the coronavirus crisis yang dirilis oleh McKinsey & Company, terdapat pertumbuhan pengguna yang baru menggunakan layanan berbasis digital di masa pandemi seperti dalam hal pembelajaran jarak jauh (76%), penerapan olahraga virtual (66%), penggunaan aplikasi kesehatan (60%), dan pemanfaatan telemedis untuk penyakit fisik (67%) serta untuk penyakit psikis (54%).

Dengan diterapkannya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemanfaatan teknologi merupakan solusi yang dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus meningkatkan proteksi diri tatkala beraktivitas.

Pemanfaatan teknologi di masa pandemi nyatanya tak hanya dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pribadi tetapi juga banyak digunakan untuk membantu sesama, seperti inisiatif yang dilakukan Likee dalam menyebarkan kebaikan kepada sesama.

Misalnya saja dengan menghadirkan challenge #Connect2EarthwithLikee yang mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Eart Hour 2020 untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melawan perubahan iklim serta menciptakan dampak positif bagi lingkungan.

Selain itu, berkolaborasi dengan dokter dan perawat profesional di seluruh Indonesia, Likee menghadirkan telemedis atau penggunaan telekomunikasi untuk edukasi dan konsultasi kesehatan gratis secara eksklusif di aplikasi Likee.

Beroperasi setiap hari selama satu minggu penuh, Likee Live Klinik dibawakan oleh host dokter dan perawat profesional menyediakan berbagai kiat dan pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan yang baik dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Theon Hsu, Marketing Director of Likee Indonesia mengatakan pihaknya juga menjalin kolaborasi dengan Grab untuk menggelar konser amal secara virtual bertajuk “Likee Grab Charity Concert” pada Juli lalu secara live di aplikasi Likee.

Dimeriahkan oleh penampilan berbagai penyanyi kenamaan Tanah Air seperti Aura Kasih, Vicky Shu, Tasya Rosmala, Clarice Cutie dan Nadia Zerlinda, konser virtual ini diadakan sebagai bentuk kepedulian bagi mitra driver Grab yang terdampak pandemi Covid-19 dalam bentuk bantuan dana pendidikan anak.

Selain konser, Likee juga mengadakan challenge #ThankYouHeroDriver di aplikasi Likee sebagai salah satu bentuk dukungan kepada para mitra driver Grab. Challenge ini memungkinkan para konten kreator untuk menceritakan pengalaman berkesan mereka bersama para driver Grab dalam bentuk kreasi video pendek.

“Dengan mengeksplor kemampuan aplikasi, kami berharap Likee dapat menjadi platform yang memungkinkan masyarakat untuk tetap aktif dan bahkan dapat membantu sesama terlepas dari situasi pandemi yang belum pernah dialami sebelumnya,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Kamis (22/10/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro