Ilustrasi-Tes virus Corona/Antara
Fashion

Berinteraksi dengan Pasien Covid, Bisakah Kita Tidak Tertular? Cek di Sini

Krizia Putri Kinanti
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 23:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apa yang terjadi jika seseorang di rumah Anda, atau seseorang yang baru saja menghabiskan waktu bersama Anda, dinyatakan positif Covid-19?

Anda menduga mereka mungkin, tanpa disadari, menulari Anda ketika bersama mereka, dan Anda bertanya-tanya: Bisakah Anda berada di sekitar seseorang dengan Covid-19 dan tidak tertular?

Ya, meskipun benar risiko Anda untuk sakit meningkat setiap kali Anda melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki virus, Anda dapat menghindari tertular Covid-19 bahkan jika Anda sedang atau pernah berada di sekitar seseorang yang mengidapnya.

Dikutip dari Webmd.com, Sabtu (24/10/2020), Jika Anda terpapar pada seseorang yang dites positif Covid-19, Anda harus mengkarantina diri Anda sendiri selama 14 hari setelah kontak dan memantau setiap gejala yang berkembang.

Jika tes tersedia di dekat Anda, lakukan pengujian (pilih tes PCR - bukan tes cepat - jika memungkinkan), tetapi tidak sampai 4-5 hari setelah terpapar (tes tidak bisa mendeteksi virus lebih cepat dari itu. ) atau jika Anda mengalami gejala.

Jika orang yang terinfeksi tinggal bersama Anda, lakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko lebih lanjut. Orang yang sakit harus segera mengisolasi diri selama setidaknya 10 hari di ruang yang ditentukan, seperti kamar tidur. Bantu mereka menghindari keharusan meninggalkan kamar dengan sering memeriksa mereka menggunakan telepon Anda.

Pakai masker jika Anda harus berinteraksi. Tinggalkan makanan dan minuman di luar pintunya, tangani cucian mereka dengan hati-hati, sering-seringlah membersihkan permukaan, dan ikuti pedoman lain untuk merawat orang sakit di rumah. Jika Anda mengembangkan gejala Covid-19, lakukan tes.

Karena Covid-19 menular bahkan jika seseorang tidak menunjukkan gejala (atau belum), ada kemungkinan seseorang yang Anda habiskan waktu tanpa disadari telah terinfeksi. Jika Anda mempraktikkan pedoman jarak sosial yang ketat, memakai masker setiap kali Anda harus berinteraksi, dan sering membersihkan permukaan bersama, Anda mungkin dapat menghindari infeksi sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro