khabib nurmagomedov/espn.com
Entertainment

7 Fakta Kehidupan Pribadi Khabib Nurmagomedov, dari Ekonom hingga Cinta Pertama

Newswire
Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -   Bintang UFC Khabib Nurmagomedov telah tercatat dalam sejarah sebagai salah satu petarung terhebat di dunia.

Petarungan besarnya melawan Conor McGregor pada 2018 adalah bukti kedigdayaan petarung asal Rusia itu di olahraga mix martial arts alias MMA ini.

Petarung berusia 32 tahun ini baru saja mengalahkan Justin Gaethje dalam petarungan UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan mengumumkan pensiunnya.

Membawa rekor tak terkalahkan, laki-laki kelahiran Dagestan yang gemar ke sauna mencoba mempertahankan gelar juara kelas ringan. Berikut fakta-fakta tentang Khabib jauh sebelum melawan Justin Gaethje.

1. Khabib dulunya adalah penggemar Conor McGregor.

Pada 2014, Conor McGregor adalah bintang UFC yang sedang naik daun. Secara aktif, sang manajer aktif mempromosikannya. Pada saat itu, banyak yang jatuh di bawah pesona petarung asal Irlandia itu, termasuk Khabib. Namun, kondisi itu berubah setelah pertarungan keduanya

Khabib dan McGregor kini menjadi musuh bebuyutan. Perseteruan mereka telah berlangsung selama beberapa tahun dan penggemar masih mencoba mencari tahu siapa yang memulai. "Kemenangannya yang luar biasa. Dia orang yang berbahaya," tulis Khabib seusai kemenangan melawan McGregor pada 2018.

2. Khabib hampir menjadi penjaga sebuah klub malam.

Pada tahun 2014, ia menderita robekan ligamen di lututnya, dan setahun kemudian, dalam persiapan untuk pertarungan yang dijadwalkan dengan Tony Ferguson. Nurmagomedov ingin mengakhiri karirnya. Untuk terus menafkahi keluarganya, ia sempat mempertimbangkan untuk menjadi tukang pukul untuk mendapatkan uang.

Abdulmanap, ayahnya, membujuknya untuk mengurungkan niatnya. "Tugas Anda adalah makan enak dan pergi ke gym. Saya memberi tahu Khabib bahwa kami butuh waktu lama untuk sampai sejauh ini sehingga tidak boleh menyerah begitu cepat. Dia kembali latihan dan dia tidak pernah berhenti, ” ujar dia.

3. Menguasai gulat, judo, hingga jiu-jitsu
Khabib mulai berlatih pada usia lima tahun.

Ia melatih semua jenis seni bela diri dari gulat gaya bebas, judo, gulat Yunani-Romawi, sambo, pertarungan tangan kosong, pankration, grappling, dan jiu-jitsu. Ayahnya memasukkannya ke dalam setiap kompetisi yang memungkinkan, meski tidak pernah memenangkan perlombaan.

Ketika dia berusia 16 tahun, jumlah seni bela diri yang dia ikuti menurun. Namun, pada saat itulah, ia mampu menjadi juara. “Pada 2006, dia merasakan kemenangan pertamanya dan mulai bekerja lebih keras. Pada 2008, setiap petarung bela diri campuran berpengalaman takut melawannya,” kata Abdulmanap, ayah Khabib. Abdulmanap, yang juga dikenal sebagai pelatih Khabib, meninggal pada Juli lalu akibat Covid-19.

4. Khabib adalah seorang ekonom dan bisa enam bahasa.

Khabib menempuh pendidikan kejuruan menengah: Dia lulus dari Makhachkala Finance and Economics College. Ia juga mahasiswa tahun keempat di Universitas Ekonomi Rusia Plekhanov. Selain itu, Khabib berbicara dalam lima bahasa seperti Kumyk, Avar, Rusia, Turki, dan bahasa Inggris serta bahasa Arab.

5. Khabib sempat memiliki manajer paling kontroversial dalam sejarah UFC.

Ia adalah Ali Abdelaziz dan reputasinya dalam seni bela diri campuran terus menurun selama bertahun-tahun. Ali kelahiran Mesir. Ia pernah melintasi Amerika Serikat dengan menggunakan paspor palsu dan harus menghadapi persidangan. Ia dibebaskan setelah berbohong tentang kematian ibunya.

McGregor pernah menyinggung bahwa Ali memiliki seorang putra di Colorado yang tidak pernah menerima dukungan finansial darinya. Khabib bertemu Ali pada 2014. Ali juga membantunya mengatasi krisis pribadinya dan mengatur perawatan medis atas cederanya. Sejak itu, karier Khabib terus menanjak. Dia menggambarkan Ali sebagai saudara laki-lakinya.

6. Khabib bisa menambah dan menurunkan berat badan dengan cepat.

Di sela-sela pertarungan, Khabib bisa menambah banyak berat badan. Setiap memasuki jadwal pertandingan, ia bisa menurunkannya dengan cepat. Dia pernah melakukannya dua kali dalam hitungan tiga setengah bulan. Secara total, beratnya bisa lebih berat 35 kilogram dari ukuran normal. Setelah dua minggu latihan, berat badannya bisa berkurang sekitar 20 kilogram.

7. Istri Khabib adalah cinta pertamanya.

Khabib terkenal hati-hati melindungi kehidupan pribadinya dari publisitas. Selain keluarga, kerabat dekat, dan teman-temannya, tidak ada yang pernah melihat wajahnya istrinya yang diketahui bernama Patimat Nurmagomedova. Keduanya berasal dari desa yang sama, Sildi, dan merupakan saudara jauh. Patimat adalah cinta pertama Khabib, dan mereka duduk di meja yang sama saat di sekolah. Khabib Nurmagomedov melamarnya pada 2013

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro