Membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. /ANTARA
Fashion

Tips Pakai Hand Sanitizer Agar Tak Berefek Buruk pada Wajah

Krizia Putri Kinanti
Senin, 26 Oktober 2020 - 17:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada masa pandemi Covid-19, hand sanitizer atau cairan pembersih tangan sudah menjadi barang yang wajib dimiliki terutama saat ke luar rumah.

Walaupun dokter menganjurkan mencuci tangan dengan sabun dan air jika dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer, tapi karena kepraktisannya membuat barang itu selalu ada.

Ladies, meskipun hand sanitizer bisa melawan kuman, tetapi hand sanitizer bisa menimbulkan dampak apabila digunakan sebelum pengaplikasian krim ke wajah.

Ariana Suryadewi Soejanto Dokter Pemerhati Kesehatan Kulit Biomedik Kekhususan Anti-Aging mengatakan bahwa jangan menggunakan produk wajah setelah menggunakan hand sanitizer yang masih basah di tangan.

“Kandungan untuk hand sanitizer yang aman, biasanya sebagian besar kan alkohol yang sifatnya cepat menguap, jadi bukan yang kemudian akan bereaksi setelah kita biarkan mengering terlebih dahulu. Tapi kalau misalnya tangannya masih basah kena hand sanitizer lalu menyentuh wajah, bisa jadi ada efek tidak baiknya,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (26/10/2020).

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah risiko tangan menjadi kering karena alkohol menghilangkan kelembapan kulit Anda, dan dengan penggunaan yang konsisten dapat menyebabkan kulit kering pecah-pecah.

Untuk mengatasinya, oleskan pelembap setelah menggunakan hand sanitizer untuk menjaga hidrasi di dalam kulit Anda.

Sementara, Andrew Kemp, Kepala Dewan Penasihat Ilmiah di British Institute of Cleaning Science menuturkan bahwa kebersihan tangan sangat penting untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dan mencuci tangan adalah senjata yang ampuh. Namun, dia juga memperingatkan bahwa pembersih yang paling kuat sekalipun tidak menghancurkan seluruh virus dan bakteri yang ada.

“Gel tangan sebaiknya hanya digunakan sebagai tindakan sementara jangka pendek jika sabun dan air tidak tersedia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro