Ilustrasi
Health

Pfizer Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 pada Anak-anak

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 27 Oktober 2020 - 06:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen obat Pfizer berencana untuk mulai menguji vaksin virus corona eksperimentalnya pada anak-anak berusia 12 tahun.

Mereka menyatakan banyak orang tua telah menyatakan minatnya untuk mendaftarkan anak-anak mereka, kata peneliti yang membantu memimpin uji coba tersebut.

Ini akan menjadi uji coba vaksin virus corona pertama yang melibatkan anak-anak di Amerika Serikat.

Sebuah tim di Rumah Sakit Anak Cincinnati akan mulai memvaksinasi remaja berusia 16 dan 17 minggu ini, dan akan pindah untuk mendaftarkan anak berusia 12 hingga 15 tahun nanti, kata Dr. Robert Frenck, direktur Pusat Penelitian Vaksin di rumah sakit itu. Situs lain juga akan mendaftarkan anak-anak.

Perusahaan mengonfirmasi di situs webnya bahwa mereka telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk mendaftarkan anak-anak berusia 12 tahun ke dalam uji coba.

"Kami benar-benar berpikir vaksin untuk remaja dan anak-anak akan sangat penting untuk mengendalikan Covid," kata Frenck dilansir dari CNN.

"Saya pikir salah satu hal yang penting untuk diingat adalah bahwa meskipun tingkat kematian anak-anak dengan Covid lebih rendah daripada pada orang dewasa yang lebih tua, itu tidak nol," katanya, mencatat bahwa lebih dari setengah juta anak telah didiagnosis dengan virus corona. di Amerika. "Ini bukan infeksi yang tidak ada pada anak-anak."

Anak-anak dapat mengembangkan penyakit serius dan juga meninggal. Mereka juga dapat menyebarkannya ke orang lain yang lebih rentan, termasuk orang tua, kakek nenek, petugas kesehatan, dan lainnya. Dan anak-anak dapat mengembangkan efek samping yang jarang tetapi serius dari infeksi virus korona yang disebut sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak atau MIS-C.

Frenck juga yakin lebih banyak anak yang terinfeksi virus corona daripada yang ditunjukkan data resmi.

"Saya pikir kami mungkin sedang mendeteksi jumlah anak yang terinfeksi karena mereka tidak cukup sakit hingga orang tua mengatakan mereka perlu pergi ke dokter," katanya.

Selain itu, FDA telah meminta perusahaan yang bekerja untuk membuat vaksin virus corona untuk mengujinya dalam berbagai kelompok - termasuk pada orang yang biasanya tidak hadir dalam uji coba obat dan vaksin, seperti orang tua, kulit hitam, Hispanik, dan penduduk asli Amerika.

Pfizer, salah satu dari empat perusahaan yang memiliki vaksin tingkat lanjut, uji klinis Tahap 3 di AS, mengatakan telah mendaftarkan hampir 38.000 sukarelawan dalam uji coba. Lebih dari 31.000 dari mereka telah menerima tembakan kedua dari dua tembakan.

Frenck mengatakan lebih dari 90 orang telah menanggapi iklan yang mencari sukarelawan untuk mendaftarkan remaja ke uji coba.

Pfizer mengembangkan vaksin virus corona dua dosisnya dengan BioNtech Jerman. Mereka menggunakan potongan materi genetik virus untuk menginduksi kekebalan terhadap virus corona.

"Jika persetujuan regulasi atau otorisasi diperoleh, perusahaan berharap untuk memproduksi secara global hingga 100 juta dosis pada akhir 2020 dan berpotensi 1,3 miliar dosis pada akhir 2021," kata perusahaan itu di situsnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro