Cara merawat legging./ilustrasi
Fashion

Cara Merawat Legging Dengan Benar

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 28 Oktober 2020 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Setiap orang  biasanya memiliki legging hitam yang selalu digunakan saat berolahraga.  Namun, terlepas dari betapa fleksibel dan elastisnya mereka, sayangnya legging itu juga cepat rusak.

Karena kita semua ingin tahu cara memperpanjang masa pakai celana legging. Dikutip dari Realsimple.com, Rabu (28/10/2020), Gwen Whiting dan Lindsey Boyd, salah satu pendiri The Laundress, dan Val Oliveira, pendiri Val's Services memberikan beberapa tips tentang bagaimana membuat legging bertahan selama mungkin.

1. Jangan berlebihan

Frekuensi pencucian untuk legging adalah salah satu yang diperdebatkan. Whiting menuturkan bahwa semakin jarang Anda mencuci pakaian, semakin lama pakaian tersebut akan awet. Jika Anda kembali dari yoga atau lari maraton (atau olahraga ekstensif lainnya), legging Anda tak perlu sering dicuci.

“Selama Anda tidak banyak berkeringat atau berolahraga, legging bisa dipakai tiga hingga empat kali sebelum waktunya mandi,” kata Whiting.

2. Lakukan tindakan pencegahan kerusakan yang tepat saat mencuci

Saat Anda memilih untuk mencuci, ada beberapa hal yang perlu diingat. Oliveira merekomendasikan memulai dengan deterjen berbasis pakaian aktif, seperti Hex Performance Laundry Detergent peregangan. “Legging biasanya terbuat dari campuran kain spandeks, nilon, dan kapas yang rentan terhadap kehilangan elastisitas dan tersangkut, terutama selama siklus pencucian,” kata Boyd.

“Selalu cuci dengan sistem halus, air dingin (untuk menghindari penyusutan), dan putaran rendah. Kantong cuci jala, juga dapat melindunginya dari tersangkut di dalam drum mesin.”

Oliveira juga merekomendasikan untuk membalikkan legging Anda sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Langkah sederhana ini akan membantu warna Anda tetap berwarna lebih lama.

3. Hindari pelembut kain

 Pelembut kain adalah kryptonite untuk legging. “Hal ini terutama berlaku jika legging Anda terbuat dari bahan anti lembap seperti spandeks atau polyester," kata Whiting. 

"Kebanyakan pelembut kain mengandung silikon yang dapat menurunkan efisiensi daya serapnya, sifat menyerap kelembapan."

Jika legging Anda memiliki bau menyebalkan, dia merekomendasikan untuk merendam legging dalam bak mandi seperempat cangkir cuka dan air dingin selama 30 menit sebelum dicuci. “Sifat cuka yang menyerap bau dan melawan bakteri akan memberi legging Anda dorongan ekstra bersih dan membantu menghilangkan bau dari keringat. ”

4. Hindari pengering

Hindari pengering dan keringkan pakaian Anda dengan udara, "Panas yang tinggi dari pengering dapat melengkungkan setiap helai serat dari legging Anda dan melemahkan bahannya, yang menyebabkan robekan dan lubang permanen," kata Oliveira.

Ingatlah bahwa berat air dapat meregangkan legging Anda saat dijemur, jadi Anda harus meletakkannya mendatar untuk menjaga elastisitasnya dan mencegah lengkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro