Sel virus Corona/Istimewa
Health

Peneliti : Mutasi Virus Corona Mungkin Membuatnya Lebih Menular

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 1 November 2020 - 12:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 5.000 pasien COVID-19 di Houston menemukan bahwa virus yang menyebabkan penyakit tersebut mengakumulasi mutasi genetik, yang salah satunya mungkin membuatnya lebih menular. 

Menurut makalah yang diterbitkan dalam jurnal peer-review mBIO, mutasi itu, yang disebut D614G, terletak di protein lonjakan yang membuka sel kita untuk masuknya virus.  Ini adalah studi peer-review terbesar dari urutan genom SARS-CoV-2 di satu wilayah metropolitan AS hingga saat ini.

Makalah itu menunjukkan virus bermutasi karena kombinasi pergeseran netral yang berarti perubahan genetik acak yang tidak membantu atau merugikan virus dan tekanan dari sistem kekebalan kita," kata Ilya Finkelstein, profesor biosains molekuler di  University of Texas di Austin dan rekan penulis studi.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan di Rumah Sakit Metodis Houston, UT Austin dan tempat lain.

Selama gelombang awal pandemi, 71% dari virus corona baru yang diidentifikasi pada pasien di Houston mengalami mutasi ini.  Ketika gelombang kedua wabah melanda Houston selama musim panas, prevalensi varian ini melonjak menjadi 99,9%.

Ini mencerminkan tren yang diamati di seluruh dunia.  Sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli berdasarkan lebih dari 28.000 urutan genom menemukan bahwa varian yang membawa mutasi D614G menjadi bentuk SARS-CoV-2 yang dominan secara global dalam waktu sekitar satu bulan.  

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 25.000 urutan genom di Inggris menemukan bahwa virus dengan mutasi cenderung menularkan sedikit lebih cepat daripada yang tidak dan menyebabkan kelompok infeksi yang lebih besar.  Seleksi alam akan menyukai jenis virus yang lebih mudah menular. 

Tapi tidak semua ilmuwan yakin.  Beberapa orang menyarankan penjelasan lain, yang disebut "efek pendiri".  Dalam skenario itu, mutasi D614G mungkin lebih umum terjadi pada virus pertama yang tiba di Eropa dan Amerika Utara, yang pada dasarnya memberi mereka permulaan pada strain lain.

Protein lonjakan juga terus mengakumulasi mutasi tambahan yang tidak diketahui signifikansinya. Tim Houston Methodist-UT Austin juga menunjukkan dalam eksperimen laboratorium bahwa setidaknya satu mutasi semacam itu memungkinkan lonjakan untuk menghindari antibodi penawar yang diproduksi secara alami oleh manusia untuk melawan infeksi SARS-CoV-2. 

Hal ini memungkinkan varian virus tersebut lebih mudah lolos dari sistem kekebalan kita.  Meskipun belum jelas apakah itu diterjemahkan ke dalam itu juga lebih mudah menular antar individu.

Kabar baiknya adalah mutasi ini jarang terjadi dan tampaknya tidak membuat penyakit menjadi lebih parah bagi pasien yang terinfeksi.  Menurut Finkelstein, kelompok tersebut tidak melihat virus yang telah belajar menghindari vaksin generasi pertama dan formulasi antibodi terapeutik.

“Virus terus bermutasi saat menyebar ke seluruh dunia,” kata Finkelstein.  "Upaya pengawasan waktu nyata seperti penelitian kami akan memastikan bahwa vaksin dan terapi global selalu selangkah lebih maju."

Para ilmuwan mencatat total 285 mutasi pada ribuan infeksi, meskipun sebagian besar tampaknya tidak berpengaruh signifikan pada seberapa parah penyakit tersebut.  Penelitian yang sedang berlangsung terus memantau gelombang ketiga pasien COVID-19 dan untuk mengetahui bagaimana virus beradaptasi dengan antibodi penawar yang diproduksi oleh sistem kekebalan kita.  Setiap infeksi baru adalah lemparan dadu, peluang tambahan untuk mengembangkan mutasi yang lebih berbahaya.

"Kami telah memberikan virus ini banyak peluang," kata penulis utama James Musser dari Houston Methodist kepada The Washington Post.  "Ada ukuran populasi yang sangat besar di luar sana sekarang."

Beberapa penulis UT Austin lainnya berkontribusi pada pekerjaan ini: peneliti tamu Jimmy Gollihar, profesor biosains molekuler Jason S. McLellan dan mahasiswa pascasarjana Chia-Wei Chou, Kamyab Javanmardi dan Hung-Che Kuo.

Tim UT Austin menguji varian genetik yang berbeda dari protein lonjakan virus, bagian yang memungkinkannya untuk menginfeksi sel inang, untuk mengukur stabilitas protein dan untuk melihat seberapa baik ia mengikat reseptor pada sel inang dan untuk menetralkan antibodi.  Awal tahun ini, McLellan dan timnya di UT Austin, bekerja sama dengan para peneliti di National Institutes of Health, mengembangkan peta 3-D pertama dari protein lonjakan virus korona untuk inovasi yang sekarang menjadi faktor dalam beberapa desain kandidat vaksin terkemuka.

Para peneliti menemukan bahwa SARS-CoV-2 diperkenalkan ke wilayah Houston berkali-kali, secara independen, dari berbagai wilayah geografis, dengan strain virus dari Eropa, Asia, Amerika Selatan, dan tempat lain di Amerika Serikat.  Ada penyebaran komunitas yang luas segera setelah kasus COVID-19 dilaporkan di Houston.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro