Ilustrasi perawat memeriksa suhu seorang lelaki untuk mendeteksi serangan virus corona Covid-19./Bloomberg
Health

Waspada, Kelompok Ini Berisiko Tinggi Kena Covid-19

M. Syahran W. Lubis
Selasa, 3 November 2020 - 11:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Virus Coronavirus Disease (Covid-19) tidak pandang bulu dan tidak pilih-pilih siapa yang akan diinfeksinya.

Namun, sebagaimana dilansir laman resmi Covid-19.go.id, ada orang-orang yang memiliki kondisi lebih rentan untuk terjangkit positif Covid-19. Kelompok rentan ini adalah orang-orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), berusia lanjut, memiliki daya tahan tubuh rendah, dan mengalami obesitas.

Sementara itu, laman resmi Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa jumlah penderita dan kasus kematian akibat infeksi virus corona setiap harinya terus meningkat.

Sejauh ini, virus corona terlihat lebih sering menyebabkan infeksi berat dan kematian pada orang lanjut usia (lansia) dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.

Waspada, Kelompok Ini Berisiko Tinggi Kena Covid-19

Kelompok lanjut usia sering dikaitkan dengan kelompok yang rentan terhadap berbagai penyakit oleh karena fungsi fisiologisnya berangsur-angsur akan berkurang termasuk sistem imum tubuh.

Hingga saat ini, virus corona telah menginfeksi lebih dari 100.000 penduduk dunia dan sekitar 4.000 orang di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan dunia (WHO), kematian paling banyak terjadi pada penderita Covid-19 yang berusia lebih dari 80 tahun dengan persentase mencapai 21,9 persen.

Pada usia pra-lansia (50–59 tahun) angka kematian hampir 2 persen, usia 60–69 tahun 4 persen, terus naik menjadi 8 persen sampai 15 persen pada usia 70–80 tahun. Kematian paling banyak terjadi pada penderita Covid-19 yang berusia lebih dari 80 tahun dengan persentase 21,9 persen.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro