Perajin menyelesaikan pembuatan batik di Desa Klampar, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (27/3/2019)./ANTARA-Saiful Bahri
Relationship

Inovasi dan Optimistis Demi Meningkatkan Usaha saat Masa Pandemi

Jaffry Prabu Prakoso
Sabtu, 7 November 2020 - 14:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 yang membuat kegiatan usaha lesu karena menurunnya daya beli, perlu sebuah inovasi. Ini karena ada kesempatan di setiap kesulitan.

Dosen dan Fasilitator Strategi dan Manajemen Inovasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Avanti Fontana mengatakan bahwa inovasi penting bagi seorang wirausaha. Karena berguna menjaga daya beli di masa pandemi baik secara sosial maupun ekonomi.

“Di tengah kondisi seperti ini, wirausaha dipanggil. Dipanggil untuk ikut serta dalam mengatasi situasi yang berubah kini. Situasi yang tidak hanya berubah cepat tapi juga kompleks,” katanya melalui diskusi virtual, Sabtu (7/11/2020).

Avanti menjelaskan, bahwa oleh karena itu inovasi merupakan sebuah instrumen untuk merespons perubahan. Inovasi ini tidak hanya sekadar baru, tapi juga ada perbedaan yang signifikan dari nilai dan manfaatnya.

Untuk menghasilkan inovasi, perlu ada rasa sensitif dan empati. Wirausaha bisa berdialog dan peka terhadap keadaan sekitar.

“Dari lingkungan ini kita bisa mengidentifikasi masalah apa yang dihadapi. Atau wirausaha bisa melihat tanpa mendengar lingkungan. Jadi mereka bisa melihat sebelum berdialog,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro