Batuk/fastpaceurgantcare.com
Health

Ini Vitamin Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Novita Sari Simamora
Selasa, 10 November 2020 - 12:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan cuaca sering kali seringkali menyebabkan polusi dan penurunan imunitas tubuh.

Perubahan cuaca bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Infeksi tersebut disebabkan oleh partikel debu kecil dan serbuk sari yang masuk ke sistem pernapasan kita menyebabkan iritasi dan masalah terkait paru-paru lainnya.

Mengutip dari Times of India, Selasa (10/11/2020), ada beberapa vitamin yang bisa meningkatkan kesehatan paru-paru. Berikut tiga vitamin yang wajib dikonsumsi:

1. Vitamin A

Vitamin A, nutrisi yang larut dalam lemak adalah nutrisi terpenting kedua yang dibutuhkan untuk kesehatan paru-paru yang lebih baik. Nutrisi ini penting untuk meningkatkan kekebalan, yang membantu regenerasi sel dalam tubuh.

Jadi dengan meningkatkan asupan vitamin A, Anda bisa memulai proses perbaikan alami jaringan paru-paru. Selain pentingnya vitamin ini untuk fungsi paru-paru, ia juga bertanggung jawab untuk perkembangan banyak jaringan dan sel serta perkembangan embrio paru-paru.

Bagian baiknya adalah Anda tidak perlu makan vitamin A secara berlebihan. Menjadi vitamin yang larut dalam lemak, nutrisi ini disimpan di dalam tubuh untuk waktu yang lama dan dibutuhkan dalam jumlah kecil. Overdosis vitamin A yang berkepanjangan bahkan dapat menyebabkan masalah hati dan tulang.

2. Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh kita dengan berbagai cara dan mencegah paru-paru Anda dari penyakit kronis adalah salah satunya. Asupan vitamin yang cukup dalam sehari dapat meningkatkan kesehatan kekebalan Anda dan meningkatkan pembentukan kolagen di kulit.

Adanya radikal bebas dan racun di paru-paru akibat rokok dan polusi bisa memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh. Vitamin C, yang terutama terdapat dalam buah sitrat, melawan radikal bebas dan racun, serta membantu tubuh Anda menyingkirkan molekul yang berpotensi merusak ini. 

Ini lebih lanjut menurunkan tingkat kerusakan jaringan paru-paru, memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri. Sesuai studi tahun 2014, yang diterbitkan dalam jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology, vitamin C dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

3. Vitamin D

Selain memperkuat gigi dan tulang, vitamin D juga melindungi Anda dari infeksi saluran pernapasan dan dapat mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Berdasarkan sebuah penelitian, kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko mengi, bronkitis, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

Meningkatkan asupan nutrisi ini dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Tidak sulit mendapatkan nutrisi ini dalam jumlah yang cukup karena Sinar Matahari adalah sumber utama vitamin D. Beberapa makanan lain seperti tuna, salmon, sarden, tiram dan kuning telur juga secara alami mengandung vitamin D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro