Ilustrasi
Health

Vaksin Covid-19 Pfizer Efektif 90 Persen, Ahli Sebut Jangan Euforia Dulu

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 November 2020 - 13:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kandidat vaksin virus corona Pfizer diklaim berhasil dalam tahap terakhir uji klinis.

Pembuat obat asal New York AS itu mengatakan hasil menunjukkan vaksinnya lebih dari 90% efektif dalam mencegah COVID-19, namun perusahaan tidak merilis data dari analisis sementara.

William Haseltine, seorang eksekutif bioteknologi lama dan ahli penyakit menular, mengatakan bahwa meskipun ini adalah berita baik, tapi dia ingin melihat data hasil pengujian.

"Ada banyak, banyak pertanyaan luar biasa yang tidak terjawab," kata Haseltine dilansir dari Insider.

Pfizer telah melakukan uji coba klinis tahap akhir yang melibatkan 43.538 orang.

Produsen obat senilai US$220 miliar itu mengatakan rejimen dua dosis suntikannya ditemukan lebih dari 90% efektif dalam mencegah COVID-19, berdasarkan 94 kasus yang muncul dalam uji coba skala besar.

William Haseltine, yang juga seorang eksekutif bioteknologi lama dan ahli penyakit menular,  mengkritik pelari terdepan lainnya dalam perebutan vaksin virus corona, yaitu Moderna, karena menggembar-gemborkan hasil studi dalam rilis berita sebelum merilis data rinci.

Menurut Haseltine, Pfizer tidak membagikan rincian pasti tentang berapa banyak yang sakit karena mendapatkan vaksin Pfizer versus plasebo. Rilis juga tidak menentukan berapa banyak kasus yang parah atau ringan atau jika kelompok usia yang berbeda memiliki tingkat perlindungan yang berbeda pula.

Selain mengatakan tidak ada masalah keamanan yang serius, Pfizer tidak memberikan detail apa pun tentang profil keamanan, seperti frekuensi dan tingkat keparahan efek samping yang umum. CEO Albert Bourla mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaan akan membagikan data kemanjuran dan keamanan tambahan "dalam beberapa minggu mendatang."

"Ini adalah sains dengan pernyataan publik," kata Haseltine.

Haseltine adalah mantan profesor kedokteran Harvard yang mendirikan dua pusat penelitian yang berfokus pada HIV / AIDS dan kanker di sekolah tersebut. Ahli virologi dan penyakit menular sekarang adalah ketua dan presiden Access Health International, sebuah wadah pemikir perawatan kesehatan nirlaba. Ia juga mendirikan dan memimpin beberapa perusahaan bioteknologi, termasuk Ilmu Genom Manusia, yang akhirnya dibeli oleh GlaxoSmithKline seharga US$3 miliar.

"Kami tidak tahu apakah vaksin Pfizer mencegah infeksi, meningkatkan kemungkinan pembawa tanpa gejala, atau yang lainnya," ujarnya.

Uji coba Pfizer, dan studi yang sedang berlangsung dari pengembang vaksin virus korona terkemuka lainnya, katanya, tidak secara teratur menguji sukarelawan untuk mengukur infeksi tanpa gejala. Itu mungkin berarti orang yang divaksinasi masih bisa menjadi pembawa tanpa gejala dan tanpa sadar menyebarkan virus ke orang lain.

"Itu adalah poin utama yang menurut saya tidak disukai kebanyakan orang. Itu tidak berarti mengakhiri epidemi."

Haseltine juga mempertanyakan apakah vaksin dapat mengurangi penyakit serius dan pada akhirnya mempengaruhi jumlah rawat inap dan kematian.

Dia juga menekankan Pfizer tidak menyebutkan apakah vaksin tersebut efektif dalam subkelompok yang berbeda, seperti orang tua, yang lebih rentan terhadap hasil terburuk dari virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro