Vaksin Covid-19 buatan Pfizer./Antara-Reuters
Health

Ini Cerita Relawan Tentang Efek Samping Vaksin Pfizer yang Dinyatakan Efektif 90 Persen

Syaiful Millah
Rabu, 11 November 2020 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pfizer dan BioNTech menjadi tonggak sejarah dalam penanganan pandemi corona, karena mencatatkan tingkat efektivitas lebih dari 90 persen vaksin Covid-19.

Jika vaksin corona lolos dari semua pemeriksaan keamanan, itu akan memiliki implikasi yang sangat besar untuk menghentikan virus.

Namun demikian, pertanyaan kritis masih tetap ada tidak terkecuali terkait kemanjuran jangka panjang dari vaksin tersebut dan efek samping yang ditimbulkan. Para sukarelawan pertama yang mendapatkan vaksin menjelaskan bagaimana efek sampingnya.

Dilansir dari Express UK, Rabu (11/11/2020) beberapa dari total orang yang tertular Covid-19 memiliki kemiripan dengan vaksin flu, efek sampingnya termasuk sakit kepala dan nyeri otot.

Relawan bernama Glenn Deshields (44 tahun) dari Austin, Texas menggambarkannya sebagai pengar yang parah, tetapi gejalanya cepat hilang. Relawan lain, Carrie (45 tahun) dari Missouri mengatakan dirinya mengalami sakit kepala, demam, dan nyeri tubuh setelah suntikan pertamanya pada September.

Carrie melanjutkan bawa efek sampingnya meningkat setelah dosis keduanya pada bulan lalu. Penting untuk dicatat bahwa percobaan ini buta ganda, artinya para peserta tidak tahu apakah mereka menerima vaksin atau plasebo.

Deshields menambahkan mengalami gejala seperti mabuk. Guncangan pada sistem kekebalan membuatnya yakin tentang vaksin tersebut. Kendati mengalami berbagai efek samping, dia mengatakan tetap bersemangat dengan berita tentang efektivitas vaksin yang diumumkan awal pekan ini.

“Kakek saya, salah satu kenangan pertamanya adalah lonceng yang berdering ketika Perang Dunia Pertama berakhir. Itu adalah perang yang mengerikan dan orang senang itu telah berakhir. Kini saya merasakan hal yang saya, saya merasa seperti itu. Syukurlah ini akan berakhir suatu saat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro