Ginjal sehat/boldsky.com
Health

Simak Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Selama Pandemi

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 13 November 2020 - 13:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ginjal Anda adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk Anda, di kedua sisi tulang belakang Anda.

Mereka melakukan beberapa fungsi.Yang terpenting, mereka menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lainnya dari darah Anda. Produk limbah ini disimpan di kandung kemih Anda dan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, ginjal Anda mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh Anda. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Ginjal Anda juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Dikutip dari healthline.com, Jumat (13/11/2020), berikut beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjal Anda.

1. Tetap aktif dan bugar

Olahraga teratur bagus untuk lebih dari sekedar lingkar pinggang Anda. Dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Ini juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Anda tidak perlu lari maraton untuk menuai hasil dari olahraga. Berjalan, berlari, bersepeda, dan bahkan menari bagus untuk kesehatan Anda. Temukan aktivitas yang membuat Anda sibuk dan bersenang-senang. Akan lebih mudah untuk mematuhinya dan mendapatkan hasil yang bagus.

2. Kontrol gula darah Anda

Orang dengan diabetes, atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa untuk bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda. Pengerahan tenaga selama bertahun-tahun, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang mengancam jiwa.

Namun, jika Anda bisa mengontrol gula darah, Anda mengurangi risiko kerusakan. Selain itu, jika kerusakan terdeteksi lebih awal, dokter Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi atau mencegah kerusakan tambahan.

3. Pantau tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh Anda bisa signifikan.

Tekanan darah yang sehat adalah 120/80. Prehipertensi berada di antara titik itu dan 139/89. Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda pada saat ini.

Jika tekanan darah Anda secara konsisten di atas 140/90, Anda mungkin mengalami tekanan darah tinggi. Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang pemantauan tekanan darah Anda secara teratur, membuat perubahan gaya hidup Anda, dan mungkin minum obat.

4. Pantau berat badan dan makan makanan yang sehat

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal. Ini termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Pola makan sehat yang rendah natrium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.

5. Minum banyak cairan

Tidak ada keajaiban di balik nasihat klise untuk minum delapan gelas air sehari, tetapi itu adalah tujuan yang baik karena mendorong Anda untuk tetap terhidrasi. Asupan air yang teratur dan konsisten sehat untuk ginjal Anda.

Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Targetkan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Berapa banyak air yang Anda butuhkan sangat bergantung pada kesehatan dan gaya hidup Anda. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah Anda hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan asupan air harian Anda.

Orang yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal harus minum lebih banyak air untuk membantu mencegah penumpukan batu di masa mendatang.

6. Jangan merokok

Merokok merusak pembuluh darah tubuh Anda. Ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh Anda dan ke ginjal Anda.

Merokok juga meningkatkan risiko kanker pada ginjal Anda. Jika Anda berhenti merokok, risiko Anda akan turun. Namun, perlu waktu bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok.

7. Waspadai jumlah pil OTC yang Anda minum

Jika Anda rutin mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC), Anda dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal jika Anda meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau artritis.

Orang tanpa masalah ginjal yang minum obat kadang-kadang kemungkinan besar sembuh. Namun, jika Anda menggunakan obat-obatan ini setiap hari, Anda dapat membahayakan kesehatan ginjal Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan aman ginjal jika Anda sedang mengatasi rasa sakit.

8. Periksakan fungsi ginjal Anda jika Anda berisiko tinggi

Jika Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal atau penyakit ginjal, sebaiknya lakukan tes fungsi ginjal secara teratur. Orang-orang berikut mungkin mendapat manfaat dari skrining rutin:

-orang yang berusia di atas 60 tahun

-orang yang lahir dengan berat badan lahir rendah

-orang yang memiliki penyakit kardiovaskular atau memiliki keluarga dengannya

-orang yang memiliki atau memiliki riwayat keluarga tekanan darah tinggi

-orang yang mengalami obesitas

-orang yang percaya bahwa mereka mungkin mengalami kerusakan ginjal

Tes fungsi ginjal secara teratur adalah cara yang bagus untuk mengetahui kesehatan ginjal Anda dan untuk memeriksa kemungkinan perubahan. Mengatasi kerusakan apa pun dapat membantu memperlambat atau mencegah kerusakan di masa mendatang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro