Ilustrasi/helpguide.org
Health

Jenis-jenis Gangguan Tidur dan Cara Mengatasinya

Desyinta Nuraini
Jumat, 13 November 2020 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidur adalah fenomena biologis kompleks yang ditandai dengan berkurangnya aktivitas motorik dan metabolisme. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda sesuai dengan usia, kondisi kesehatan, profesi dan kondisi lainnya.

Namun tak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur entah karena masalah mental, sosial, lingkungan, atau emosional. Ini tentunya mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan dan menyebabkan banyak masalah medis dan psikiatri seperti stroke, depresi, atau masalah tiroid.

Melansir Boldsky, Jumat (13/11/2020), berikut beberapa jenis gangguan tidur yang umum dan tips penting untuk tidur yang nyenyak:

Gangguan insomnia kronis

Ini adalah salah satu jenis insomnia yang ditandai dengan kesulitan tidur setiap saat selama 24 jam. Singkatnya, pada gangguan insomnia kronis, seseorang tidak dapat mempertahankan tidur terus menerus pada malam hari karena sering terbangun, kebanyakan setiap 30 menit.

Penyebab gangguan ini termasuk faktor perilaku atau kondisi mental atau medis kronis apa pun

Mendengkur

Itu termasuk dalam gangguan pernapasan terkait tidur yang biasa ditemukan pada individu paruh baya dan dianggap sebagai faktor risiko untuk gangguan tidur lain yang disebut apnea tidur obstruktif.

Meskipun setiap orang mendengkur beberapa kali saat tidur, hal ini menjadi masalah jika pendengkur mengalami perasaan tersedak, tidur yang tidak menyegarkan, kelelahan di siang hari, terbangun berulang kali atau perubahan kepribadian.

Faktor umum yang bertanggung jawab untuk mendengkur termasuk obesitas, alkohol, penggunaan obat-obatan atau genetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro