Vaksin Covid-19 buatan Pfizer./Antara-Reuters
Health

Ahli : Vaksin Pfizer-BioNTech tidak Paten untuk Semua Virus Corona dan Masih Berisiko

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 November 2020 - 06:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech telah meningkatkan harapan untuk berakhirnya pandemi setelah hasil sementara uji coba menunjukkan efektivitas 90 persen, tetapi masih ada pertanyaan tentang keamanan, distribusi, dan efek tepatnya pada virus.

Sebelum vaksin disetujui untuk digunakan oleh otoritas kesehatan di seluruh dunia, vaksin tersebut harus memenuhi persyaratan keselamatan tertentu yang berbeda di setiap yurisdiksi.

Di Amerika Serikat, Food and Drug Administration mewajibkan produsen untuk membuat data keamanan pada setengah subjek selama dua bulan setelah dosis kedua vaksin sebelum dapat disetujui untuk penggunaan darurat.

Pfizer mengatakan akan mendapatkan itu pada minggu ketiga November, dan telah melaporkan tidak ada reaksi merugikan yang serius di hampir 40.000 peserta uji coba yang telah menerima dua dosis vaksin.

Perusahaan multinasional AS itu juga yakin dapat menghasilkan 50 juta dosis vaksin tahun ini dan hingga 1,3 miliar dosis pada tahun 2021.

Ahli : Vaksin Pfizer-BioNTech tidak Paten untuk Semua Virus Corona dan Masih Berisiko

Ian Frazer, seorang profesor di University of Queensland yang ikut menemukan vaksin human papillomavirus, mengatakan masih ada “risiko kecil masalah keamanan yang tidak terduga” dan bahwa beberapa orang mungkin menolak untuk menerimanya.

“Itu tergantung pada tingkat risiko mereka. Saya rasa kebanyakan anak muda akan berpikir dua kali di Australia yang sekarang tidak ada virusnya.” katanya dilansir dari SCMP.

Otoritas kesehatan di seluruh dunia telah mengindikasikan bahwa dosis pertama dari vaksin yang berhasil akan diberikan pada kelompok berisiko tinggi, seperti pekerja perawatan kesehatan garis depan, karyawan di fasilitas perawatan lansia, dan orang tua.

Frazer memperkirakan masyarakat umum harus menunggu "satu tahun atau lebih" sampai mereka memiliki akses ke vaksin.

Terry Nolan, seorang ahli vaksin di University of Melbourne, mengatakan bahwa meskipun ia menemukan masalah keamanan tentang vaksin yang dikembangkan dengan cepat "dapat dimengerti", akan sangat penting bagi masyarakat untuk ikut serta dengan imunisasi massal.

Selain keamanan, komplikasi potensial dapat mencakup mutasi virus yang dapat memengaruhi keefektifan vaksin dari waktu ke waktu.

Hal yang tidak diketahui, katanya, yakni keefektifan vaksin dalam menghentikan penularan virus.  Meskipun kandidat Pfizer / BioNTech telah menunjukkan janji besar dalam mencegah penyakit, namun hanya ada sedikit indikasi bahwa Pfizer / BioNTech efektif untuk menghentikan penyebaran infeksi di antara orang-orang.

“Penelitian pada hewan yang telah dilakukan sebelumnya, termasuk beberapa penelitian tantangan pada monyet, menunjukkan bahwa kelas vaksin ini tidak dapat mencegah penularan,” kata Nolan.

Itu dapat mengakibatkan pihak berwenang secara signifikan memperpanjang pembatasan pandemi mereka.  Rencana perjalanan internasional tidak terbatas bagi mereka yang memiliki “paspor kesehatan” yang menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi, dan, mungkin harus menunggu.

“Keseluruhan urusan karantina sangat, sangat sulit. Untuk benar-benar bepergian aman, saat ini kami tidak dapat menjamin itu akan terjadi.” tambahnya.

Nolan menyarankan kerangka waktu yang kurang konservatif, dengan mengatakan dia mengharapkan vaksin tersedia "jauh sebelum" waktu satu tahun.

Dia mengatakan terobosan nyata Pfizer menunjukkan bahwa vaksin lain yang didasarkan pada prinsip yang sama juga akan efektif, yang akan menjadi adalah “masalah pasokan”.

Hampir selusin vaksin dalam skala besar, uji coba pada manusia yang dikenal sebagai uji coba fase 3 termasuk kandidat yang dikembangkan di AS, China, Rusia, dan Inggris.

Ahli : Vaksin Pfizer-BioNTech tidak Paten untuk Semua Virus Corona dan Masih Berisiko

Pada bulan Agustus, Rusia menjadi negara pertama yang mengumumkan persetujuan vaksin sebelum penyelesaian uji coba ekstensif pada manusia, memicu skeptisisme dan kritik yang meluas di kalangan ilmuwan dan profesional medis.  Pemerintah Rusia kemudian mengatakan persetujuan vaksin, yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya yang berafiliasi dengan Moskow, "bersyarat" pada hasil uji coba fase 3.  Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan persetujuan vaksin kedua bahkan sebelum uji coba fase 3 dimulai.

China telah menyetujui penggunaan terbatas tiga vaksin untuk beberapa kelompok seperti militer, termasuk vaksin Sinovac Biotech, uji coba yang dihentikan sebentar oleh otoritas Brazil pada hari Senin menyusul "kejadian buruk".  Otoritas kesehatan Brasil memulai kembali uji coba pada hari Rabu setelah dipastikan bahwa seorang sukarelawan telah meninggal karena bunuh diri, bukan karena reaksi negatif terhadap vaksin tersebut.  Pejabat kesehatan China telah melaporkan tidak ada efek samping yang merugikan dari ratusan ribu dosis yang diberikan melalui daftar penggunaan darurat vaksin Sinovac dan vaksin oleh CanSino Biologics dan Institut Produk Biologi Wuhan.

Pemerintah di seluruh dunia telah menginvestasikan sejumlah besar dana untuk mengamankan berbagai jenis vaksin sebelumnya, dengan biaya per dosis mulai dari US$32-US$37 untuk vaksin Moderna hingga beberapa dolar untuk penawaran AstraZeneca.  Pemerintah AS membayar US$1,5 miliar kepada Moderna saja untuk mengamankan 100 juta dosis calonnya.

Pembelian vaksin potensial oleh negara-negara kaya telah menimbulkan kekhawatiran tentang ketersediaannya di negara berkembang.

 Hingga September, negara-negara maju termasuk AS, Inggris, Australia dan Jepang telah mengamankan lebih dari setengah dari 5,3 miliar dosis yang dialokasikan dalam kesepakatan pasokan yang ditandatangani oleh AstraZeneca, Institut Gamaleya, Moderna, Pfizer dan Sinovac, menurut analisis oleh Ofxam.

Ahli : Vaksin Pfizer-BioNTech tidak Paten untuk Semua Virus Corona dan Masih Berisiko

Menanggapi keprihatinan tersebut, kolaborasi global Covax telah mengumpulkan lebih dari US$2 miliar dari hampir 100 negara kaya untuk membeli dan mendistribusikan vaksin di antara negara-negara miskin.

Distribusi merupakan tantangan besar karena persyaratan penyimpanan vaksin tertentu, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dengan infrastruktur yang kurang berkembang.  Tidak seperti kebanyakan vaksin yang dapat disimpan di lemari es biasa, vaksin Pfizer / BioNTech harus disimpan pada suhu -80 derajat Celcius.  Freezer yang mampu mempertahankan suhu seperti itu jarang terjadi bahkan di rumah sakit besar di negara maju.  Pfizer mengatakan rencananya untuk menggunakan es kering untuk mengangkut vaksin melalui darat dan udara ke pusat distribusi di seluruh dunia, sebuah prestasi logistik yang menakutkan.

“Apakah ada cukup lemari es [suhu] sangat rendah di lokasi vaksinasi?”  tanya John Siu Lun Tam, pakar vaksinasi di Universitas Politeknik Hong Kong.  “Bagaimana kita tahu jika 'rantai dingin ultra-rendah' telah disimpan dan bahwa vaksin yang Anda dapatkan tidak dinonaktifkan?

“Proses vaksinasi lengkap membutuhkan dua suntikan,” kata Tam.  “Akan ada masalah logistik tentang bagaimana memastikan orang benar-benar mendapatkan dua dosis.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro