Informasi mengenai penutupan sementara taman terpampang di Taman Ayodya, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup sementara seluruh taman di Ibu Kota untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

6 Tips Aman Saat Pergi ke Tempat Rekreasi

Rika Anggraeni
Selasa, 17 November 2020 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Pencegahan Pengendalian Penyakit (CDC) memberikan beberapa tips dan persiapan saat Anda akan mengunjungi taman, pantai hingga tempat rekreasi.

Meskipun banyak fasilitas umum yang menawarkan kesehatan, Anda harus tetap mengikuti langkah-langkah untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari virus Covid-19.

Mengutip dari laman resmi cdc.gov, berikut tips dan persiapan sebelum mengunjungi tempat rekreasi:

1. Kunjungi taman yang dekat dengan rumah

Di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, rencana bepergian jarak jauh hanya sekadar untuk mengunjungi taman dapat berkontribusi pada penyebaran virus Covid-19. Hal ini disebabkan:

- Saat di perjalanan mungkin mengharuskan Anda untuk berhenti di sepanjang jalan atau berhubungan dekat dengan orang lain yang pernah Anda temui.

- Saat di perjalanan juga dapat membuat Anda terpapar permukaan yang terkontaminasi SARS-CoV-2, yaitu virus penyebab Covid-19.

2. Periksa terlebih dahulu taman atau area rekreasi

- Pemerintah akan memutuskan apakah taman dan fasilitas rekreasi lainnya akan dibuka. Maka dari itu, periksa terlebih dahulu taman untuk memastikan agar Anda tahu area atau layanan mana yang dibuka. Jangan lupa untuk membawa pembersih tangan atau perlengkapan lain untuk menjaga kebersihan.

- Pemerintah akan memutuskan apakah area berenang di lautan, danau, dan badan air alami lainnya akan dibuka. Oleh karena itu, periksa masing-masing pantai secara spesifik, termasuk apakah perairan terbuka untuk berenang.

3. Jaga jarak dan hindari taman yang ramai

- Setiap saat Anda diharuskan untuk menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang yang tidak tinggal dengan Anda.

- Jangan pergi ke tempat yang ramai. Hindari berkumpul dengan orang yang tidak tinggal bersama Anda.

- Hindari taman yang ramai. Jangan mengunjungi taman di mana Anda tidak bisa tinggal setidaknya 6 kaki dari orang yang tidak tinggal bersama Anda.

4. Gunakan masker

Gunakan masker jika memungkinkan. Masker paling penting ketika sulit menjaga jarak, termasuk saat mendaki di jalur yang mungkin populer atau ramai. Sementara, masker tidak boleh dipakai saat melakukan aktivitas yang bisa membuat masker menjadi basah, seperti saat berenang.

Masker tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 2 tahun, siapapun yang kesulitan bernapas, dan siapapun yang tidak sadarkan diri, tidak dapat bergerak, atau tidak dapat melepas masker tanpa bantuan

5. Bersihkan tangan sesering mungkin

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan mengelap hidung, batuk, atau bersin.

Orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua dapat menggunakan hand sanitizer. Jika tidak tersedia sabun dan air, maka gunakan hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol dan gosokkan tangan hingga kering.

6. Tinggal di rumah jika Anda sakit

Saat Anda mulai merasa tidak sehat, sebaiknya Anda berbaring di rumah. Jangan mengunjungi taman jika Anda sakit, dinyatakan positif Covid-19, atau baru-baru ini (dalam 14 hari) terpapar Covid-19.

Jika Anda sakit atau dinyatakan positif Covid-19, baru-baru ini terpapar (dalam 14 hari) kepada seseorang dengan Covid-19, atau merasa tidak enak badan, jangan mengunjungi tempat umum termasuk taman atau fasilitas rekreasi. Ikuti langkah-langkah yang disarankan jika Anda sakit.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro