Tips membersihkan ponsel
Fashion

Cara Disinfeksi Ponsel agar Aman dari Virus dan Bakteri

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 November 2020 - 10:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hidup dalam pandemi mengajari kita beberapa kebiasaan baik seperti mencuci tangan, menutupi hidung dan mulut, menjaga jarak, dan rutin membersihkan permukaan yang biasa disentuh untuk menghindari risiko infeksi.

Anda mungkin termasuk orang yang rajin membersihkan rumah Anda semenjak pandemi melanda, tapi apakah Anda juga membersihkan ponsel Anda?

Rata-rata, kebanyakan orang memeriksa ponsel mereka 96 kali sehari. Namun ponsel bukanlah satu-satunya benda yang Anda pegang atau sentuh dengan tangan Anda. Mereka bersentuhan dengan tas belanjaan, gagang pintu, dan permukaan lain, yang mungkin mengandung ribuan kuman, virus dan bakteri.

Setiap kali Anda menyentuh ponsel Anda dengan tangan kotor ini, kuman berpindah ke layar. Bahkan saat Anda memegang telepon dekat dengan telinga dan mulut saat berbicara, berbagai jenis patogen ditransfer ke telepon, yang dapat dengan mudah membuat Anda sakit.

Tidak salah untuk mengatakan bahwa ponsel Anda adalah salah satu hal terkotor yang Anda temui setiap hari. Sesuai studi tahun 2017 yang dilakukan oleh para peneliti di University of Arizona, ponsel membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada kebanyakan dudukan toilet.

Ini terjadi karena kebanyakan orang sulit membersihkan ponselnya, sehingga kuman dan bakteri terus menumpuk dan menumpuk. Ini mengandung kuman seperti E. coli, influenza, dan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Jadi untuk mencegah risiko infeksi penting untuk membersihkan permukaan ponsel Anda secara rutin.

Cara mendisinfeksi ponsel Anda

Untuk membersihkan sebagian besar permukaan, sabun dan air sejauh ini dianggap sebagai cara terbaik dan efektif. Karena Anda tidak dapat menggunakan air di ponsel Anda, lebih baik menggunakan tisu alkohol.

Tisu basah jenis ini dapat dengan mudah membunuh sebagian besar kuman dan bakteri yang ada di permukaan ponsel, tetapi memiliki beberapa kekurangan. Jika permukaan ponsel Anda berlumuran minyak, maka permukaannya mungkin sulit dibersihkan dengan benar.

Karena tisu sulit menembus mikroba dan menghilangkannya dari permukaan yang terkena minyak. Untuk memastikan bahwa ponsel Anda dibersihkan dengan baik, pertama-tama lepaskan casing dan bersihkan ponsel dan casing dengan kain katun. Kemudian ambil kain, tuangkan alkohol pada kain dan seka serta bersihkan ponsel dengan benar.

Penting untuk membersihkan ponsel Anda beberapa kali sehari. Jika Anda mencuci tangan dengan baik maka Anda mungkin harus melakukannya hanya dua atau tiga kali sehari. Jika Anda pernah berada di sekitar seseorang yang batuk atau bersin, sebaiknya bersihkan ponsel Anda.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro