Anak sakit/boldsky.com
Health

Orang Tua, Ini Gejala Covid-19 pada Anak

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 18 November 2020 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hal yang paling mencolok tentang infeksi Covid-19 pada anak-anak adalah presentasi gejalanya sedikit berbeda, atau justru tertunda.

Mereka biasanya tidak mengalami gejala yang terlalu parah, dan berbeda dari orang dewasa.

Dikutip dari Times of India, Rabu (18/11/2020), meskipun vaksin Covid-19 untuk anak-anak mungkin tidak tersedia sedini mungkin, dan dengan sekolah dibuka kembali secara bertahap, penting untuk menjaga anak-anak tetap aman, dan mengenali tanda-tandanya sejak dini.

Sebuah studi gabungan yang dilakukan oleh tim peneliti Inggris yang berbasis di King's College London, rumah sakit Guy dan St. Thomas dan perusahaan ilmu data, Zoe, mempelajari perilaku dan gejala setidaknya 200 anak yang dites positif terkena virus corona baru.

Sepertiga dari anak-anak dalam kelompok tersebut tidak menunjukkan gejala, artinya mereka tidak menunjukkan tanda-tanda khas infeksi virus. Temuan ini sejalan dengan bukti yang banyak dipelajari bahwa anak-anak tanpa gejala dapat menjadi inang virus untuk jangka waktu yang lebih lama, dan bahkan terus menularkan virus yang sama selama lebih dari tiga minggu. Hal yang sama juga diamati dalam analisis luas yang dilakukan di luar Korea beberapa bulan yang lalu ketika sekolah dibuka kembali.

Anak-anak juga dapat bertindak sebagai penyebar infeksi, menyiratkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menularkan infeksi menular pada tingkat yang lebih tinggi ke orang-orang di sekitar mereka. Namun, kelompok anak yang tersisa yang menunjukkan gejala, mungkin tidak melakukannya secara langsung, atau dengan cara yang sama seperti orang dewasa. 

Studi yang berbasis di Inggris menunjukkan bahwa anak-anak yang terjangkit Covid-19 mengembangkan tiga gejala khususnya. Yang aneh adalah sakit tenggorokan atau batuk, yang merupakan tanda khas Covid, tidak begitu lazim pada anak-anak.

Peneliti juga merasa bahwa gejala tersebut juga bisa menjadi cara untuk membedakan flu musiman, alergi atau infeksi virus umum lainnya yang diketahui berdampak pada anak-anak dari Covid-19.

Tiga gejala yang harus diwaspadai pada anak-anak adalah sebagai berikut:

1. Demam

Demam ringan ringan adalah tanda umum infeksi pada anak-anak. Hampir 54% anak-anak dalam penelitian tersebut dilaporkan menderita demam. Perlu dicatat bahwa demam juga merupakan salah satu tanda infeksi yang paling umum di antara orang dewasa, terjadi pada lebih dari 75-80% kasus, baik ringan maupun berat.

2.Kelelahan

Kelelahan, dan kehilangan energi adalah tanda lain yang dapat ditunjukkan oleh virus penyebab Covid-19 di antara yang lebih muda. Sesuai penelitian, kelelahan kronis dan kelelahan tampaknya menjangkiti 55% anak-anak. Ini bisa menjadi tanda yang agak mengkhawatirkan karena kelelahan yang disebabkan oleh virus juga membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

3. Sakit kepala

Sakit kepala bukanlah gejala Covid-19 yang umum. Ini hanya mempengaruhi 14% orang dewasa. Namun, sakit kepala bisa menjadi keluhan umum pada anak-anak dan kemungkinan merupakan tanda infeksi. Lebih dari 50% anak-anak dalam penelitian ini menderita sakit kepala ringan.

Kehilangan penciuman dan rasa, atau anosmia, yang mungkin merupakan gejala paling aneh dari Covid-19 sejauh ini juga dapat memengaruhi anak-anak, meskipun jarang. Temuan terbaru menunjukkan bahwa sebagian kecil dari anak-anak tersebut dilaporkan menderita kehilangan bau dan rasa yang berkurang, selain sakit tenggorokan, pilek.

Gejala lain, seperti diare, badan pegal, kehilangan nafsu makan juga cukup umum terjadi.

Para peneliti mengatakan bahwa selain tanda-tanda yang disebutkan di atas, gejala lain yang harus diwaspadai untuk kemungkinan tanda-tanda infeksi adalah ruam kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro