Tentara Korea Selatan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) sembari menyemprotkan disinfektan di jalanan Seoul, Korea Selatan, Kamis (5/3/2020)./Bloomberg-SeongJoon Cho
Health

Korea Selatan Mulai Masuki Gelombang Ketiga Covid-19

Rezha Hadyan
Kamis, 19 November 2020 - 09:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 300 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi setiap harinya di Korea Selatan meningkatkan kekhawatiran bahwa gelombang ketiga pandemi mulai melanda negara tersebut.

Melansir The Korea Times pada Kamis (19/11/2020), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (Korea Disease Control and Prevention Agency/KDCA) telah mencatat jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 313 kasus pada Selasa (17/11/2020) yang meningkatkan total beban kasus menjadi 29.311.

Ini adalah pertama kalinya dalam 81 hari sejak 29 Agustus untuk kasus harian baru mencapai lebih dari 300.

Ahli epidemiologi memperkirakan bahwa peningkatan tajam dalam kasus yang dikonfirmasi adalah awal dari gelombang ketiga, setelah gelombang pertama berpusat di Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara antara Februari dan Maret 2020, dan gelombang kedua berpusat di wilayah metropolitan Seoul antara Agustus dan September.

"Gelombang ketiga sudah dekat. Jumlah pasien meningkat pesat, dan kami yakin kemungkinan akan meningkat lebih jauh." kata Choi Won-seok, seorang profesor di Rumah Sakit Ansan Universitas Korea.

Jacob Lee, seorang profesor di Rumah Sakit Jantung Suci Gangnam Universitas Hallym, mengatakan, epidemi ketiga sudah dimulai tiga minggu lalu.

"Langkah pemerintah untuk menaikkan tingkat pedoman jarak sosial merupakan tanggapan yang terlambat. Kewaspadaan masyarakat telah dilonggarkan, sehingga jumlah kasus virus, atau tren yang meningkat, tidak akan mudah mereda," kata Lee.

Beberapa orang mengatakan bahwa menaikkan pedoman jarak sosial dari Level 1 ke Level 1.5 di wilayah metropolitan tidak cukup.

"Jelas terlihat bahwa infeksi virus berkurang ketika level jarak diperketat dan sebaliknya. Tapi level 1,5 saat ini bahkan lebih rendah dari sebelumnya," kata Choi.

Dia menambahkan dari segi musim, wajar jika jumlah pasien meningkat karena virus SARS CoV-2 lebih aktif di musim dingin tetapi tingkat karantina lebih longgar dari sebelumnya. Level 1.5 sepertinya tidak akan banyak membatasi aktivitas orang."

Kim Woo-joo, seorang profesor di Rumah Sakit Guro Universitas Korea, berkata, "Ini adalah awal musim dingin, dan skala epidemi selama musim ini dapat berbeda dari Februari dan Agustus lalu.

"Kami perlu membuat langkah berani dengan meningkatkan level jarak lebih jauh," kata Kim.

Pelaku bisnis dan orang-orang diharuskan untuk mengikuti peraturan kesehatan masyarakat yang ketat di bawah Level 1.5, tetapi orang-orang masih diperbolehkan untuk melakukan sebagian besar rutinitas harian mereka.

Di bawah Level 1.5, fasilitas dengan risiko infeksi yang lebih tinggi, seperti bar, klub, dan gedung konser dalam ruangan, diharuskan untuk menerapkan tindakan karantina yang lebih ketat, seperti menjaga jarak antar tabel dan menyiapkan partisi.

Pemerintah telah memutuskan untuk meningkatkan tingkat jarak sosial di wilayah metropolitan, Gwangju, dan beberapa wilayah di Provinsi Gangwon untuk mengekang penyebaran, tetapi KCDA telah berjuang dengan kelompok infeksi berkelanjutan dari pertemuan pribadi, fasilitas umum dan rumah sakit.

Di antara kasus yang ditularkan secara lokal, 91 dilaporkan di Seoul, 81 di Provinsi Gyeonggi dan sembilan di Incheon. Dua kematian tambahan dilaporkan, meningkatkan total korban tewas menjadi 496, dengan tingkat kematian 1,69 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro