Batu meteor
Relationship

Bagaimana jadi Pemburu dan Kolektor Batu Meteor?

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 20 November 2020 - 09:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemahaman kita tentang meteoritics telah banyak berubah selama dua ratus tahun terakhir.

Pada awal 1800-an hanya sedikit orang yang percaya bahwa meteorit berasal dari luar angkasa.

Pada musim semi tahun 1803 segalanya harus berubah setelah ribuan meteorit batu jatuh di atas ladang komunitas pertanian Prancis bernama l'Aigle. Jean Baptiste Biot, seorang fisikawan Prancis terkemuka menyelidiki jatuhnya, yang terjadi pada tengah hari di depan banyak saksi.

Biot mempelajari dan menggambarkan banyak batu hitam berkulit fusi dan secara tidak sengaja menjadi salah satu kolektor meteorit pertama di dunia. Spesimen meteoritnya yang berlabel indah masih dapat dilihat di koleksi museum terkemuka, dan l'Aigle adalah meteorit yang berharga dan bersejarah, banyak didambakan oleh para kolektor.

Belakangan ini, meteorit tersedia secara luas, dan relatif terjangkau, bagi kolektor pribadi. Pertumbuhan internet yang cepat telah memungkinkan kolektor di bidang kecil kami untuk bertemu, berbagi informasi, dan membeli, menjual, dan memperdagangkan batu luar angkasa.

Perhatian media berupa berita surat kabar dan majalah tentang pemburu meteorit, film Hollywood seperti Armageddon dan Deep Impact, serta berbagai film dokumenter televisi telah meningkatkan kesadaran publik tentang meteorit.

Selain itu, lelang sejarah alam terkenal di London, New York, Los Angeles, dan kota-kota lain sering kali menampilkan spesimen berkualitas museum dan terkadang juga harga palu setinggi langit. Peningkatan teknologi dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana meteorit jatuh telah mendorong generasi baru pemburu meteorit untuk keluar dan menemukan batuan luar angkasa mereka sendiri.

Meteorit pernah menjadi ruang lingkup museum besar dan beberapa kolektor kaya, tetapi spesimen terjangkau yang melimpah dari Gurun Sahara, Oman, dan Amerika Selatan telah memungkinkan untuk membangun koleksi yang baik tanpa menggadaikan rumah.

Ada tiga kelompok utama meteorit: besi, bebatuan, dan besi berbatu. Banyak kolektor pemula memulai hubungan asmara mereka dengan batu luar angkasa dengan membeli satu contoh representatif dari masing-masing kelas ini. Seiring berjalannya waktu, peminat yang lebih berpengalaman sering kali mulai berspesialisasi dan pada akhirnya dapat fokus pada satu atau dua bidang koleksi yang memiliki daya tarik tertentu.

Bentuk Estetika

Proses perjalanan melalui atmosfer kita dengan kecepatan tinggi menyebabkan meteorit meleleh, terkadang membentuknya menjadi bentuk yang fantastis dan menarik. Meteorit besi lebih cenderung memperoleh karakteristik permukaan yang tidak biasa, dan meteorit yang telah diubah oleh unsur-unsur menjadi bentuk yang mencolok sering kali digambarkan sebagai potongan "estetika" atau "pahatan".

Seluruh individu dan besi pahat yang menarik biasanya dibiarkan utuh, tetapi beberapa meteorit dipotong dan dipoles untuk menampilkan interiornya. Pemotongan sering kali diperlukan agar akademisi dapat mempelajari temuan baru dengan benar, dan pemotongan juga dapat mengungkapkan keindahan tersembunyi yang luar biasa, seperti di pallasit bertabur kristal.

Irisan juga seringkali lebih terjangkau bagi kolektor. Satu individu lengkap Gao-Guenie seberat 500 gram yang berkualitas baik (H5, jatuh pada 5 Maret 1960 di Burkina Faso) mungkin dijual seharga $ 750 hingga $ 1.000 di pasar ritel, sementara potongan seberat 40 gram mungkin dijual seharga US$80 hingga US$100.

Jadi, membeli potongan meteor bisa menjadi cara yang baik untuk membangun koleksi meteorit murah yang terdiri dari berbagai jenis. Ketika disiapkan di laboratorium, sebuah meteorit biasanya akan menghasilkan sejumlah irisan tipis (bagian) dan dua potongan ujung yang lebih besar - spesimen yang menampilkan interior dan eksterior, seperti bagian terakhir dari sepotong roti.

Berikut cara kolektor mendapatkan batu meteor

1. Pencarian

Bagi penggemar batu luar angkasa yang berdedikasi, tidak ada yang lebih menarik daripada menemukan meteorit sungguhan. Tetapi berburu meteorit adalah kerja keras, membutuhkan waktu, dedikasi, stamina, penelitian, dan peralatan yang baik. Silakan lihat fitur kami di sini di Geology.com "Perburuan Meteorit: Pencarian Batu Luar Angkasa" untuk mempelajari lebih lanjut.

Membeli Meteorit dari kolektor lain

Kolektor pemula sering mengkhawatirkan keaslian, dan membeli dari sumber yang memiliki reputasi baik adalah cara terbaik untuk memastikan Anda membelanjakan uang untuk barang asli. Ada sejumlah dealer meteorit penuh waktu yang telah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun dan mempertahankan reputasi yang sangat baik dalam komunitas pengumpul. Sebagian besar memiliki situs web yang menampilkan inventaris mereka saat ini.

Ada juga lebih dari beberapa penipuan di luar sana, jadi lakukan penelitian Anda. Pengetahuan adalah alat penting bagi pengumpul meteorit. Penggemar berpengalaman biasanya akan dapat mengenali meteorit asli dari inspeksi visual cepat, atau bahkan dari foto.

Meteorit di eBay

Banyak kolektor senang membeli dan menjual spesimen di eBay. Sayangnya, eBay tidak menginvestasikan banyak waktu untuk memantau keaslian spesimen yang ditawarkan.

Sementara sejumlah dealer dan kolektor terkemuka secara teratur memasang barang-barang yang sah untuk dijual, setiap kali saya melihat-lihat daftar eBay saya menemukan banyak lot yang telah dijelaskan secara tidak akurat, atau bukan meteorit sama sekali. Meskipun Anda dapat menawar di eBay, kolektor yang serius lebih suka bekerja dengan dealer mapan yang akan mendukung kualitas barang yang mereka jual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro