Pertunjukan teater di Korea Selatan dilakukan secara virtual./ilustrasi
Entertainment

Geliat Pertunjukan dan Teater Korea Selatan di Tengah Pandemi Corona

Rezha Hadyan
Jumat, 20 November 2020 - 13:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika sebagian besar teater atau pertunjukan  di dunia tertidur akibat pandemi Covid-19 teater di Korea Selatan justru tetap beraktivitas dengan sejumlah penyesuaian untuk menghindari penyebaran virus dan tentunya memperluas jangkauannya menggunakan platform daring atau streaming.

Salah satu diantara teater yang tetap beraktivitas di tengah pandemi Covid-19 di Negeri Ginseng adalah K-Performance On Air, yang dipandu oleh Organisasi Pariwisata Korea (Korea Tourism Organization/KTO) dan Asosiasi Pariwisata Seni Pertunjukan Korea. Teater tersebut berhasil menarik lebih dari 1 juta pemirsa selama 22 hari pertunjukan daring dari 19 Oktober-9 November 2020.

K-Performance On Air menampilkan beberapa seni pertunjukan kontemporer Korea klasik seperti pertunjukan non-verbal "Cookin 'Nanta," 'Sachum (Dance If You Love)' dan 'Jump,' serta pertunjukan teater kecil seperti 'Finding Kim Jong -wook' dan 'Kucing di Atap.' Teater tersebut juga menyediakan teks bantu dalam Bahasa Inggris untuk semua video, termasuk wawancara dengan pembuat konten dan aktor.

"Program itu disiarkan melalui akun Instagram KTO cabang Tokyo dan komunitas perjalanan China Mafengwo. Acara itu memamerkan kemampuan para pemain Korea meskipun ada pandemi," kata seorang pejabat dari Asosiasi Pariwisata Seni Pertunjukan Korea mengutip The Korea Times pada Jumat (20/11/2020).

Seiring pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, streaming video pertunjukan langsung makin popular dan digunakan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, hingga ke luar negeri.

Performing Arts Market in Seoul (PAMS) adalah salah satu acara yang memperkenalkan dan mengekspor pertunjukan Korea ke luar negeri. PAMS memilih dan memamerkan 223 pertunjukan dari tahun 2005 hingga 2019 dan banyak di antaranya telah diperkenalkan di seluruh Asia, Oseania, Amerika, dan Eropa melalui dukungan Dewan Seni Korea.

Akibat pandemi tersebut, PAMS menggeser edisi 2020-nya secara online. PAMS biasanya menarik sekitar 1.500 peserta setiap tahunnya, dengan sekitar 400 dari luar negeri yang datang ke Korea untuk melihat potensi pertunjukan Korea.

“Jumlah peserta tahun ini setara dengan tahun sebelumnya, jadi kami rasa bisa menjaga minat terhadap seni pertunjukan Korea,” kata Emilia Y.K. Lee, kepala manajer Tim Perencanaan Seni Pertunjukan di Layanan Manajemen Seni Korea, yang menyelenggarakan PAMS.

Namun, tingkat penonton lebih rendah dari yang diharapkan dan sulit untuk membuat peserta berkonsentrasi pada PAMS dibandingkan dengan acara tatap muka. Oleh karena itu, PAMS memutuskan untuk mempersembahkan 10 karya online, termasuk "Sugungga" karya Leenalchi, "Tepuk Tangan & Tepuk Tangan" Coreyah, "Demam" Ambiguous Dance Company, dan "The Old Man and the Sea" di Wansung Playground.

"Tujuan kami adalah untuk mendistribusikan seni pertunjukan Korea ke luar negeri, tetapi sulit untuk meramalkan situasinya karena pandemi. Eropa adalah salah satu pembeli paling aktif pertunjukan Korea, tetapi karena wilayah tersebut telah dilanda COVID-19 yang parah, bepergian ke sana pada 2021 tidak pasti, "kata Lee.

PAMS juga menciptakan platform virtual yang mirip dengan permainan role-playing online untuk memaksimalkan jaringan melalui pertemuan acak seperti yang dilakukan peserta dalam acara luring

"Kami prihatin dengan kemampuan jaringan orang-orang di industri teater; tidak hanya menampilkan pertunjukan Korea. Jadi kami mencoba mengubah apa yang akan kami lakukan secara offline - pertemuan bisnis dan stan untuk memperkenalkan organisasi seni pertunjukan Korea - menjadi platform online," tutur Lee.

Dia menambahkan pihaknya berupaya untuk  tetap berbagi wawasan dan inspirasi di tengah pandemi melalui platform virtual ini, daripada menghadirkan serangkaian seminar melalui platform konferensi video. Namun, sulit untuk membuat orang terlibat dalam percakapan seperti yang akan mereka lakukan secara langsung.

Perusahaan produksi komersial juga mencari layanan video untuk bertahan di tengah pandemi. EMK Musical Company, salah satu perusahaan produksi musik terbesar dan tersukses di Korea, mempersembahkan dua pertunjukannya secara daring tahun ini.

Salah satunya adalah "Xcalibur," sebuah pertunjukkan musik yang disusun oleh Frank Wildhorn, melalui Broadway On Demand (BOD) pada bulan Juni, dan menampilkan musikal Austria "Mozart!" oleh Sylvester Levay dan Michael Kunze kepada pemirsa Jepang pada bulan Agustus dengan sistem bayar per tayang.

Sophy Jiwon Kim, vice president EMK Musical Company dan presiden EMK Entertainment, mengatakan video live theater telah menjadi genre baru yang tidak merusak esensi pertunjukan live.

“Seiring dengan berlanjutnya pandemi Covid-19, membuat adaptasi video dari pertunjukan panggung itu perlu, bukan opsional. Kami fokus pada peningkatan kualitas video panggung yang ada dan juga mengembangkan genre baru yang sesuai dengan lingkungan online,” kata Kim.

Dia menyebut "Xcalibur" dan "Mozart" menargetkan pemirsa internasional yang berbeda dan diputar pada platform yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro