Anosmia
Health

Hilangnya Penciuman bisa jadi Tanda Pemulihan Pasien Covid-19

Desyinta Nuraini
Selasa, 24 November 2020 - 16:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hilangnya penciuman tetap menjadi salah satu gejala paling membingungkan terkait dengan penyakit pandemi Covid-19. Gejala ini awalnya dilaporkan hanya pada sebagian kecil pasien, tetapi kini telah dilaporkan terjadi di seluruh dunia.

Bagi banyak orang, hilangnya penciuman dan rasa bisa sangat parah, butuh berminggu-minggu hingga berbulan-bulan sebelum indera kembali normal. Kehilangan penciuman juga dapat memengaruhi kemampuan untuk merasakan makanan normal yang bisa membuat orang frustrasi.

Meski begitu, banyak ahli percaya bahwa kehilangan penciuman atau rasa, ditambah dengan penurunan nafsu makan mungkin merupakan pertanda baik dari infeksi, karena dapat melindungi orang dari mengalami tanda-tanda mematikan lainnya seperti serangan pernapasan dan inflamasi.

Dilansir dari Times of India, Selasa (24/11) banyak dokter sekarang mengatakan bahwa orang yang mengalami kehilangan penciuman dan rasa mungkin hanya menderita bentuk ringan dari virus corona baru.

Kehilangan penciuman dan rasa tidak hanya tidak memiliki terapi obat, tetapi juga berarti bahwa mereka telah melindungi diri dari serangan pernapasan parah, yang biasanya terjadi sejak minggu kedua infeksi Covid-19.

Menurut dokter India yang telah bekerja untuk memetakan tanda dan gejala Covid-19, pasien dengan bentuk penyakit sedang atau parah, jarang melaporkan mengalami kehilangan bau mendadak sebagai gejala.

Statistik menunjukkan bahwa hampir 40 persen pasien Covid-19 mengalami perubahan atau hilangnya bau dan rasa. Dalam beberapa kasus, hal itu dapat mempengaruhi indera sama sekali. Bagi sebagian orang, perubahan indera penciuman bisa sangat menyengat, hal ini dapat mengubah cara aroma dan rasa makanan yang normal.

Rempah-rempah, manisan, dan rasa asam bisa terasa rapuh dan tidak menarik. Jika terus berlangsung beberapa saat, hal itu juga dapat membuat orang enggan makan dan mendapat skor rendah gizi, karena mengubah selera makanan dapat membuat mereka mengalami kehilangan nafsu makan juga.

Dalam banyak kasus, hilangnya penciuman juga dapat menyebabkan tanda-tanda kerusakan yang bertahan lama. Semakin lama hal itu berlangsung, semakin banyak manifestasi psikologis yang dihasilkannya.

Namun, betapapun mengganggunya anosmia dan hiposmia bisa menjadi tanda pemulihan yang sehat. Covid-19 mulai menjadi rumit antara 5-10 hari setelah timbulnya infeksi. Penting untuk mewaspadai tanda-tanda komplikasi dan keparahan di waktu tersebut, salah satunya adalah gangguan pernapasan.

Komplikasi pernapasan yang disebabkan oleh sesak napas, nyeri dada, kekurangan oksigen, rasa berat dan sesak adalah tanda-tanda khas virus yang menyebabkan kerusakan pada organ vital tubuh, termasuk paru-paru.

Dalam banyak kasus, pasien yang menderita Covid-19 juga membutuhkan bantuan mesin pendukung oksigen. Gangguan pernapasan juga dapat merusak pasien yang sebelumnya memiliki riwayat masalah paru-paru.

Ini juga bisa menjadi tanda badai sitokin yang terkait dengan Covid-19, ketika sistem kekebalan tubuh menyala sendiri dan seringkali dapat menyebabkan kerusakan dan kegagalan organ.

Sekarang, kebanyakan pasien yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang sehat atau menderita bentuk infeksi ringan mulai menunjukkan tanda pemulihan pada minggu pertama itu sendiri. Mereka memiliki tanda infeksi yang cukup ringan, seperti sakit tenggorokan, batuk, atau kehilangan penciuman.

Oleh karena itu, jika yang terakhir adalah satu-satunya gejala yang Anda tunjukkan, dan tidak mencatat suhu tinggi atau gejala khas infeksi lainnya, ini mungkin menunjukkan pemulihan yang sehat dan relatif lebih mudah.

Penelitian lain yang menunjukkan bagaimana hilangnya bau dan rasa bisa menjadi indikator pemulihan positif bagi pasien Covid-19. Saat indra penciuman pulih dan beregenerasi dari serangan virus, mereka salah menafsirkan hubungan tertentu dan membuat pasien mengalami perubahan indera penciuman dan rasa.

Untuk beberapa pasien, dibutuhkan waktu mulai dari satu minggu hingga satu bulan atau lebih untuk membaik dan pemulihan berjalan. Melakukan terapi seperti pelatihan penciuman juga dapat digunakan jika indera yang berubah membuat seseorang sulit untuk makan secara normal.

Sebagai satu gejala, hilangnya bau dan rasa agak sulit ditandai sebagai satu-satunya tanda Covid-19. Ini juga dapat muncul sampai batas tertentu dalam beberapa kasus flu, sinus, dan hidung tersumbat.

Jika Anda mencurigai Covid-19 atau telah terpapar virus dengan cara apa pun, perhatikan tanda-tanda seperti tiba-tiba indera penciuman terganggu, mengalami kesulitan gastrointestinal, diare, dan hidung tersumbat. Jika salah satu masalah berlanjut hingga 3 hari, pertimbangkan untuk melakukan tes awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro