BTS mengungkapkan makna dari lagu 'Spring  Day' kepada penggemar./ilustrasi
Entertainment

BTS Ungkap Makna Lagu 'Spring Day' Kepada Publik

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 24 November 2020 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- BTS mengungkapkan inspirasi dari lagu 'Spring Day' saat menjadi bintang tamu di Immortal Songs 2: Singing the Legend. Di acara itu, Suga dan RM berbicara tentang bagaimana lagu tersebut didasarkan pada pengalaman leader BTS kehilangan seorang teman.

Para anggota telah lama membahas makna di balik lirik lagu 2017, seringkali berfokus pada tema umum tentang cinta dan kehilangan, dan kerinduan akan masa lalu. RM juga berbicara tentang terinspirasi oleh film Bong Joon Ho Snowpiercer serta buku The Ones Who Walk Away From Omelas oleh Ursula K. Le Guin.

Dikutip dari Koreaboo.com, Selasa (24/11/2020), namun, wawancara baru-baru ini oleh Esquire membuat penggemar berpikir bahwa mereka mungkin telah mengkonfirmasi sesuatu yang telah lama diyakini oleh penggemar sebagai kebenaran.

Tragedi Feri Sewol terjadi pada 16 April 2014. Kapal pesiar MV Sewol sedang dalam perjalanan dari Incheon ke Pulau Jeju ketika mulai terbalik, dan karena bagaimana situasi tersebut diperlakukan oleh mereka yang mengendalikan kapal, lebih dari 300 orang (termasuk sekitar 250 siswa sekolah menengah) akhirnya kehilangan nyawa mereka saat kapal tenggelam.

Bertahun-tahun sejak peristiwa mengerikan dan tragis ini, kehidupan orang-orang yang hilang telah dikenang dengan berbagai cara, terutama dengan tampilan pita kuning. Ini adalah salah satu indikator yang jelas dari fans yang telah lama berpikir bahwa "Spring Day" ditulis untuk menghormati mereka yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan tersebut, karena pita kuning muncul dalam video musik dengan cukup jelas.

Ada teori penggemar lain bahwa video musik itu juga tentang insiden itu, seperti tumpukan pakaian, dan sepatu yang hanyut di pantai. Namun, BTS enggan mengonfirmasi apakah 'Spring Day' benar-benar terinspirasi oleh Insiden Feri Sewol.

Dalam wawancara oleh Esquire, ketika ditanya secara langsung apakah lagu tersebut tentang peristiwa menyedihkan, Jin menjawab dengan, "Ini tentang peristiwa menyedihkan, seperti yang Anda katakan, tapi ini juga tentang kerinduan."

Meskipun ini masih belum menjadi konfirmasi konkret bahwa lagu tersebut tentang insiden tersebut, penggemar telah menganggap ini sebagai bukti yang cukup kuat.

Sebuah pos di Reddit berjudul "BTS mengonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa Spring Day memang, tentang Tragedi Feri Sewol" membuat penggemar menyatukan potongan-potongan itu sebagai bukti, serta yang lain berbicara tentang betapa berarti lagu itu bagi mereka dan betapa sulitnya itu dapat didengarkan karena dugaan maknanya.

Entah lagu itu benar-benar tentang insiden kapal feri atau bukan, tidak diragukan lagi bahwa 'Spring Day' akan diabadikan sebagai lagu yang membantu orang-orang mengatasi kesedihan dan kerinduan akan sesuatu atau seseorang yang hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro