Causebay Hong Kong
Fashion

5 Pusat Fashion Street Dunia yang Terpuruk Akibat Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 26 November 2020 - 14:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi corona telah menghancurkan bisnis di seluruh dunia, termasuk juga bisnis fesyen.

Brand bermerk hingga yang lokal ikut terpuruk. Bahkan pusat fesyen dunia yang dikenal dengan fashion street terkenal yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan, saat black friday, ketika biasanya orang belanja membeludak, karena diskon khusus yang ditawarkan.

Toko-toko di Bond Street London, dari Cartier hingga Chanel, sengaja memasang lampu Natal yang menyala, dan akan menyajikan cokelat panas kepada mereka yang menunggu untuk masuk ke toko

Sayangnya, dengan pandemi virus Corona yang masih berkecamuk di sebagian besar dunia, banyak konsumen masih waspada untuk mengunjungi toko. Pembatasan perjalanan juga akan memangkas jumlah turis kaya yang biasanya membelanjakan uangnya di fashion street tersebut.

Berikut kondisi fashion street terkenal di seluruh dunia saat pandemi:

1. Bond Street, London

5 Pusat Fashion Street Dunia yang Terpuruk Akibat Pandemi

"Dalam kata-kata ratu, 2020 pasti akan turun sebagai salah satu annus horribilis" bagi pengecer di tujuan belanja mewah terkenal, kata Katie Thomas, direktur asosiasi Bond Street dan Mayfair di perusahaan New West End, organisasi tersebut. di belakang 600 pengecer, pemilik restoran, dan pelaku bisnis perhotelan jalanan.

?Bond Street terpukul keras karena ketergantungannya pada pembeli asing dan kurangnya pekerja kantor yang pulang pergi ke pusat kota London. Kunjungan toko telah turun sekitar setengahnya ketika pembatasan Covid-19 baru menutup lokasi awal bulan ini. “Ini badai yang sempurna,” kata Thomas.

Toko-toko mulai dari Cartier hingga Chanel tidak menunggu untuk dibuka kembali untuk bersiap-siap menyambut musim liburan: lampu Natal menyala lebih awal dari biasanya. Dan ketika mereka dapat dibuka kembali pada 3 Desember, pohon Natal Bond Street akan terungkap dengan pita kuningan tanpa penyanyi carol.

Jika ada antrean untuk masuk ke toko, karyawan bahkan berencana menyajikan cokelat panas.

2. Champs-Elysées, Paris

5 Pusat Fashion Street Dunia yang Terpuruk Akibat Pandemi

Penyebaran virus telah menyebabkan penguncian kedua di Prancis, yang memaksa toko yang tidak penting ditutup pada 30 Oktober. “Jika kami tidak membuka kembali pada 1 Desember, itu akan menjadi sangat serius,” kata Edouard Lefebvre, manajer umum dari Comité Champs-Elysées, yang mewakili sekitar 100 toko di area tersebut. Namun, organisasi tersebut tetap mengadakan pertunjukan cahaya liburan pada 22 November - tetapi peluncurannya bersifat virtual.

Champs-Elysées telah menghadapi pergolakan selama beberapa tahun, termasuk serangan teror, pemogokan, kerusuhan setelah pertandingan sepak bola, dan kekerasan selama protes anti-pemerintah baru-baru ini. Penguncian yang berkelanjutan bisa menimbulkan lebih banyak rasa sakit.

?3. Ginza, Tokyo

5 Pusat Fashion Street Dunia yang Terpuruk Akibat Pandemi

Jalan-jalan Ginza - salah satu distrik perbelanjaan paling terkenal di Tokyo - biasanya sudah terang sekarang, dengan toko-toko mewah menghiasi tarikan utamanya yang ditutupi lampu dan dekorasi. Itu telah menjadi tempat yang harus dilihat oleh turis dan pasangan. Tapi tahun ini banyak toko dan gedung yang gelap. Jepang masih memiliki kontrol ketat untuk mengizinkan turis masuk ke negara itu, yang berarti hanya sebagian kecil dari lalu lintas belanja biasa yang telah kembali ke Ginza.

Untuk mengatasi hal itu, Asosiasi Jalan Ginza merencanakan acara cuci tangan di penyeberangan utama Ginza pada bulan Desember, menurut Eriko Takezawa, ketua Asosiasi Jalan Ginza. Orang yang lewat yang membersihkan tangan akan diberi saputangan dan kupon untuk dibelanjakan di toko terdekat. Mereka juga akan menambahkan lebih banyak iluminasi di sepanjang jalan, berharap dapat menarik lebih banyak orang.

4. Causeway Bay, Hong Kong

5 Pusat Fashion Street Dunia yang Terpuruk Akibat Pandemi

Beberapa pengecer terkena pandemi yang sama parahnya dengan pemilik toko di Hong Kong. Berjalan menyusuri jalan perbelanjaan utama di Causeway Bay - rumah bagi sewa ritel tertinggi di dunia - menunjukkan dampak dari penurunan penjualan ritel yang berlangsung lebih dari 18 bulan berturut-turut di tengah protes dan pembatasan Covid-19. Merek seperti Tissot, Prada, dan Victoria’s Secret termasuk di antara mereka yang etalase tokonya kosong atau tertutup papan.

Harapan mungkin datang dalam bentuk turis, yang baru mulai kembali ke Hong Kong. Untuk meningkatkan pariwisata, kota ini baru-baru ini membentuk gelembung perjalanan dengan Singapura yang tidak mengharuskan pengunjung untuk melakukan karantina. Tetapi dengan meningkatnya kasus Covid-19, lembaga pemerintah menunda mulainya, yang dijadwalkan pada 22 November, selama dua minggu.

"Ada perasaan baru bahwa yang terburuk sudah berlalu, dengan virus dan situasi politik terkendali," kata Amrita Banta, direktur pelaksana di konsultan mewah Agility Research yang berbasis di Singapura, sebelum gelembung perjalanan ditunda. Kota ini siap untuk dibuka kembali.

5. Fifth Avenue, New York

5 Pusat Fashion Street Dunia yang Terpuruk Akibat Pandemi

Fifth Avenue masih menjadi rumah bagi dua department store paling mewah di dunia: Saks Fifth Avenue dan Bergdorf Goodman. Namun jumlahnya telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir, dengan merek aksesoris Henri Bendel menutup tokonya yang berusia seabad dan Barneys New York, hanya satu blok dari strip, melikuidasi. Beberapa etalase, termasuk bekas toko Ralph Lauren, tetap kosong.

Toko-tokonya sekarang sedang mempersiapkan liburan yang tenang, dengan sedikit atau tanpa turis yang terlihat. Tetapi mereka akan melakukan yang terbaik untuk membawa kegembiraan liburan, bahkan ketika kasus Covid-19 meningkat di New York, yang pernah menjadi pusat penyebaran di AS.

Seperti biasa, Saks, Bergdorf dan butik seperti Dolce & Gabbana dan Louis Vuitton menghiasi jendela liburan mewah mereka. Sebuah kelompok bisnis lokal memasang karya seni dari mainan yang sangat besar, seperti boneka beruang, balon dan dreidel (bagian atas berputar empat sisi, yang sering digunakan untuk bermain game selama festival musim dingin Yahudi Hanukkah), menurut Jerome Barth, presiden Fifth. Asosiasi Avenue.

Persiapan ini dilakukan setelah musim panas yang bergejolak ketika beberapa toko di Fifth Avenue digeledah di tengah protes setelah pembunuhan oleh polisi di kota Minneapolis barat tengah terhadap seorang pria kulit hitam, George Floyd, memicu kerusuhan sipil. Banyak toko menutup jendela menjelang pemilihan presiden AS untuk mempertahankan diri dari potensi kekerasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro