Gigi/Istimewa
Health

Sakit Gigi dan Infeksi Gusi Jadi Gejala Covid-19?

Desyinta Nuraini
Rabu, 2 Desember 2020 - 11:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona disebut-sebut memiliki efek jangka panjang. Beberapa waktu terakhir, banyak pasien melaporkan masalah gusi yang melemah, gigi tanggal, dan infeksi gigi setelah pulih dari serangan Covid-19.

Melansir Times of India, Rabu (2/12/2020), para pasien melaporkan gejala tidak biasa seperti kerusakan gigi, kehilangan gigi karena pembusukan, perubahan warna gigi, patah, dan melemahnya gusi.

Masih belum jelas apa penyebab sebenarnya dari kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut, tetapi satu kemungkinan alasan di balik ini adalah aliran darah yang diketahui berdampak luas akibat infeksi Covid-19.

Bukti menunjukkan bahwa virus SARS-COV-2 dapat mengganggu aliran darah vital dalam tubuh, menyebabkan sejumlah penggumpalan, dan aliran darah tidak merata. Ini pada gilirannya, menyebabkan masalah dalam pengangkutan aliran darah dan nutrisi ke berbagai organ vital dalam tubuh. 

Dalam beberapa kasus, itu juga dapat menyebabkan kerusakan konsekuensial, seperti jantung, dada, otak dan rahag, karena rongga mulut kita dipenuhi dengan pasokan pembuluh darah yang dapat dipengaruhi oleh aliran darah yang lebih rendah dari biasanya atau terganggu. 

Mungkinkah badai sitokin menyebabkan masalah kesehatan mulut? Badai sitokin terkenal yang terkait dengan Covid-19, yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyala sendiri juga bisa menjadi alasan di balik gejala Covid-19 yang berkepanjangan.

Para ilmuwan dan otoritas medis juga telah menyarankan bahwa alasan lain untuk kerusakan yang berdampak pada mulut dan rongga mulut terutama dapat berdampak pada orang yang memiliki viral load lebih tinggi di mulut dan rongga hidung mereka. Mulut kita menampung sejumlah reseptor ACE2, yang diikat dan direplikasi oleh SARS-COV-2, dan karenanya menderita bentuk infeksi ringan, yaitu tidak menderita komplikasi lain yang mengancam seperti kerusakan pernapasan atau masalah gastrointestinal.

Adapun yang lebih menarik adalah bahwa anak-anak, yang sebagian besar terhindar dari efek samping, atau efek serius dari infeksi Covid-19 juga mengalami masalah gigi. Menurut para penyintas yang telah mencatat gejala pasca Covid-19 secara online, anak-anak juga menderita infeksi gusi, pembusukan, gigi tanggal, lepasnya gigi lain, dan kerusakan pembuluh darah yang cukup besar akibat infeksi.

Faktor risiko lain untuk kerusakan gigi yang disebabkan oleh Covid-19 dapat menjadi masalah gigi yang mendasari. Perhatian yang buruk terhadap kesehatan gigi selama pandemi juga bisa memperburuk masalah bagi orang dengan Covid-19. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi penting saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro