Para karyawan dari sebuah perusahaan layanan desinfeksi membersihkan stasiun subway di tengah ketakutan Virus Corona di Seoul, Korea Selatan, Rabu (11/3/2020)./Antara
Health

Tes Perguruan Tinggi Dimulai, Kasus Positif Covid-10 di Korea Selatan Kembali Naik

Rezha Hadyan
Kamis, 3 Desember 2020 - 09:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penambahan kasus positif Covid-19 di Korea Selatan pada Kamis (3/12/2020) masih saja melampaui angka 500 kasus.

Melansir The Korea Times pada Kamis (3/12/2020), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (Korea Disease Control and Prevention Agency/KDCA) mencatat penambahan 540 kasus positif baru, termasuk diantaranya adalah 16 infeksi lokal.

Dengan demikian, total kasus Covid-19 yang terkonfirmasi di Negeri Ginseng mencapai 35.703 kasus. Seoul menyumbang 260 kasus dari keseluruhan kasus terkonfirmasi.

Kasus virus korona baru Korea Selatan berada di atas 500 untuk hari kedua berturut-turut pada hari ini karena kasus yang ditularkan secara lokal terus menumpuk di seluruh negeri. Hal tersebut makin meningkatkan kekhawatiran atas gelombang pandemi yang lebih besar di musim dingin.

Beban kasus harian menandai yang tertinggi sejak 569 yang dilaporkan pada Jumat pekan lalu.

Peningkatan virus pada hari Kamis terjadi ketika sekitar 490.000 siswa sekolah menengah atas, lulusan dan lainnya mengikuti Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi.

Otoritas kesehatan percaya bahwa minggu ini akan menjadi titik kritis bagi perjuangan anti-virus bangsa. Jika kurva virus tidak mendatar, negara tersebut mungkin harus menaikkan lebih lanjut tingkat skema jarak sosialnya.

Korea Selatan mengadopsi skema jarak sosial Level 2 di wilayah Seoul yang lebih besar pada 24 November di tengah kekhawatiran atas meningkatnya jumlah pasien di wilayah yang menampung sekitar setengah dari populasi negara itu.

Negara ini menjalankan sistem jarak sosial lima tingkat. Di bawah tingkat kedua, klub malam dan fasilitas hiburan berisiko tinggi lainnya harus menangguhkan bisnis mereka, sementara ruang pernikahan dan pemakaman harus membatasi jumlah pengunjung maksimal 100 orang.

Kafe seharusnya hanya menawarkan layanan antar-jemput dan pengiriman, dan restoran dilarang menyajikan makanan setelah jam 9 malam.

Namun, dengan tidak adanya tanda-tanda akan berhenti, negara tersebut memutuskan untuk menambahkan lebih banyak batasan ke Level 2 mulai bulan ini, yang melarang pengoperasian sauna dan fasilitas olahraga dalam ruangan. Hotel juga dilarang mengadakan pesta akhir tahun.

Korea Selatan dapat mengadopsi Level 2.5 ketika jumlah rata-rata kasus harian berkisar antara 400 dan 500 selama seminggu.

Negara ini telah memenuhi ambang batas karena kasus virus baru setiap hari mencapai 450 dalam seminggu terakhir.

Area selain Seoul yang lebih besar saat ini berada di bawah Level 1.5 yang relatif moderat, meskipun masing-masing kota dapat mengadopsi tindakan yang lebih keras tergantung pada situasi mereka. Gwangju, yang terletak 330 kilometer selatan Seoul, telah mengadopsi Level 2, bersama dengan Chuncheon di Provinsi Gangwon.

Bersama dengan 260 kasus yang dilaporkan dari Seoul, 137 kasus berasal dari Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi ibu kota. Incheon, yang terletak di barat Seoul, menambahkan 22 infeksi lagi.

Kota pelabuhan tenggara Busan melaporkan 15 kasus, sementara sekitarnya Provinsi Gyeongsang Selatan menambahkan 13 infeksi.

Provinsi Gyeongsang Utara berjumlah 19 pasien, dan Provinsi Chungcheong Selatan memiliki 13 pasien lagi.

Pusat kota Daejeon menambahkan tujuh kasus lagi, sementara tetangganya Sejong menambahkan empat kasus lagi.

Pada hari Rabu, sebuah sekolah yang terletak di Seoul selatan melaporkan 18 pasien, dan sebuah pusat panggilan yang terletak di distrik yang sama menambahkan sembilan kasus.

Sebuah bisnis belanja daring dari Seoul barat melihat 18 kasus COVID-19, dan sebuah perusahaan kimia yang berlokasi di Cheongju, 137 kilometer selatan Seoul, melaporkan delapan kasus.

Negara itu menambahkan 24 kasus impor.

Dari kasus yang diimpor, Amerika Serikat menyumbang sembilan, diikuti oleh Rusia dengan lima dan Italia dengan dua.

Jumlah pasien Covid-19 yang sakit parah atau kritis mencapai 117, naik 16 dari hari sebelumnya.

Korea Selatan melaporkan tiga kematian tambahan, meningkatkan total menjadi 529.

Tingkat kematian mencapai 1,48 persen.

Jumlah orang yang dibebaskan dari karantina setelah pulih total mencapai 28.352 orang, naik 287 dari sehari sebelumnya. Ini berarti sekitar 79 persen pasien virus di sini disembuhkan.

Korea Selatan telah melakukan 3.131.886 tes Covid-19 sejauh ini, termasuk 24.916 dari hari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro