Ilustrasi/Greenenterprise
Relationship

Cara 'Nakal' Bos Bikin Karyawannya Bekerja Lebih Lama

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 3 Desember 2020 - 13:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkataan atasan di tempat kerja manapun sebagian besar merupakan ultimatum yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan. Apakah itu tentang mengejar target proyek baru atau menolak cuti Anda.

Mereka sangat teliti namun cerdas dan tahu bagaimana membuat tim mereka bekerja secara produktif, bahkan jika itu berarti membuat mereka bekerja lebih lama.

Beberapa bos bahkan menemukan cara cerdas untuk memperpanjang jam kerja Anda, tanpa Anda sadari. Dikutip dari Times of India, Kamis (3/12/2020), ada beberapa kemungkinan cara bos Anda dapat membuat Anda bekerja lebih lama.

1. Menahan pekerjaan untuk nanti

Atasan Anda mungkin tampak melonggarkan aturan dan membantu Anda dengan situasi non-kerja yang menuntut perhatian Anda. Misalnya, jika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di pagi hari, dan tidak dapat mengembalikan tugas saat ini, atasan Anda dapat meminta Anda untuk menyerahkanya di malam hari.

Tapi apakah Anda menyadari bahwa Anda akhirnya bekerja lebih lama dari biasanya, menunggu untuk mendiskusikan ide dan kemudian mengerjakan ide-ide kerja penting dari atasan Anda?

2. Tanggung jawab lebih banyak

Anda harus berpikir bahwa itu bagus jika atasan Anda telah memberi Anda tanggung jawab untuk memimpin tim dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan yang dilakukan oleh mereka. Namun ini tidak hanya berarti lebih banyak pekerjaan tetapi juga berarti membuat Anda bekerja di luar tanggung jawab Anda.

3. Telepon sepanjang hari

Ada banyak atasan yang mungkin akan menghubungi Anda soal pekerjaan kapanpun sepanjang hari. Mereka tidak sadar jam kerja dan kerap memberikan instruksi di luar jam kerja Anda.

4. Manis di mulut

Jika atasan Anda adalah orang yang sangat manis, kemungkinan besar mereka akan dengan mudah membujuk Anda untuk bekerja lebih dari jam kerja biasanya. Anda bahkan tidak akan tahu itu terjadi karena sebagian besar berfokus pada betapa manisnya bos mereka meminta Anda bekerja.

Kata-kata manis mereka bisa berupa kata-kata penyemangat untuk Anda.

5. Favouritisme

Memang benar bahwa setiap bos pasti memiliki favorit di antara semuanya. Bos lebih menyukai pekerjaan mereka daripada orang lain dan dapat memberikan kesan favoritisme di tempat kerja. Tapi, lihatlah, ini juga salah satu taktik cerdik bos untuk menyelesaikan pekerjaan secara produktif.

Mereka cenderung memilih yang paling mampu dalam tim dan memberi mereka lebih banyak pekerjaan, untuk membuat mereka merasa dihargai atas kualitas mereka. Atasan ini membuat mereka merasa lebih unggul dari yang lain, hanya untuk membuat mereka bekerja lebih keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro