Vaksin Pfizer dan BionTech
Health

Daftar Negara Pemesan Vaksin Covid-19 Terbanyak, Indonesia Nomor 5

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 5 Desember 2020 - 07:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika pandemi dimulai, negara-negara kaya melakukan pembelian vaksin covid-19 dengan besar-besaran. Beberapa bahkan menyebutnya "membeli karena panik".

Negara-negara ini mulai membuat perjanjian dengan perusahaan farmasi untuk membeli vaksin COVID-19 eksperimental, bahkan sebelum uji klinis selesai. Rincian banyak perjanjian semacam itu tidak dipublikasikan, NPR melaporkan.

Pada saat itu, tidak ada yang tahu vaksin eksperimental mana yang akan berhasil. Jadi negara-negara kaya melakukan lindung nilai atas taruhan mereka. Tapi sekarang, tampaknya banyak vaksin akan efektif.

Vaksin dari Pfizer dan Moderna tampaknya lebih dari 90% efektif. Kedua perusahaan telah meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk mengizinkan penggunaan darurat vaksin COVID-19 mereka. Dan AstraZeneca sepertinya tidak terlalu jauh di belakang. Minggu lalu, perusahaan mengatakan vaksinnya kemungkinan efektif 70%.

Ketika dosis ini tersedia selama tahun depan, beberapa negara kaya kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak vaksin daripada yang mereka butuhkan, kata Andrea Taylor, yang membantu mengarahkan Duke Global Health Innovation Center. AS mungkin akan memiliki dosis yang cukup untuk memvaksinasi populasi mereka dua kali lipat. Dan Kanada akan memiliki cukup untuk populasi mereka lima kali lipat.

"Data kami menunjukkan bahwa hampir 10 miliar dosis telah dicadangkan. Dan sebagian besar dosis tersebut telah dibeli oleh negara-negara berpenghasilan tinggi," kata Taylor dilansir dari NPR.

Misalnya, hampir semua dosis Pfizer diberikan ke negara-negara kaya. Dan dosis awal dari Moderna akan diberikan ke AS, kata Taylor, meninggalkan sedikit vaksin untuk orang-orang di negara-negara miskin tahun ini dan mungkin juga hingga 2022. Beberapa orang kemungkinan tidak akan diimunisasi sampai tahun 2023, Taylor dan rekan-rekannya memperkirakan.

Menurut data yang dipublikasikan mereka, Amerika Serikat menjadi negara pemesan terbanyak dengan jumlah pemesanan sebesar 2,6 miliar dosis. Kemudian Uni Eropa sebanyak 2 miliar,  India 1,5 miliar dosis.

Selanjutnya Inggris sebanyak 507 juta dosis, dan kelima adalah Indonesia dengan sebanyak 450 juta dosis. Indonesia saat ini masih melakukan pemesanan dari vaksin covid-19 buatan China.

Setelah Indonesia ada Kanada dengan sebanyak 414 juta juta dosis dan Jepang sebanyak 290 juta.

Daftar Negara Pemesan Vaksin Covid-19 Terbanyak, Indonesia Nomor 5
 

"Ada ketidaksetaraan yang sangat signifikan," katanya. "Kami benar-benar tidak melihat ketidaksetaraan itu sama sekali selama beberapa bulan terakhir."

Meski begitu, ada kabar baik, kata Kalipso Chalkidou, yang mengarahkan kebijakan kesehatan global di Pusat Perkembangan Global. Separuh dari dosis vaksin dari AstraZeneca dan mitranya Universitas Oxford ditujukan untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Setidaknya 500 juta dosis akan diberikan ke India dan 300 juta dosis akan digunakan untuk COVAX, sebuah inisiatif Organisasi Kesehatan Dunia yang membantu negara-negara termiskin memperoleh dosis.

Nasib negara-negara Miskin 

Untuk beberapa alasan, vaksin AstraZeneca akan menjadi penting untuk menutup celah aksesibilitas di seluruh dunia, kata Chalkidou. Pertama, vaksin ini juga lebih mudah diangkut dan disimpan karena hanya membutuhkan pendinginan. Vaksin Moderna perlu disimpan di dalam freezer, dan vaksin Pfizer memerlukan jenis freezer khusus yang tidak dimiliki oleh banyak klinik dan rumah sakit.

AstraZeneca juga dengan cepat meningkatkan produksi dengan berbagi teknologi mereka dengan pembuat vaksin lain. Perusahaan telah membuat kesepakatan dengan Serum Institute of India, produsen vaksin terbesar di dunia, untuk memproduksi ratusan juta dosis tahun depan.

Terakhir, vaksin AstraZeneca akan menjadi jauh lebih murah daripada vaksin lainnya. Biayanya kurang dari seperlima dari vaksin Moderna dan Pfizer.

"AstraZeneca telah mengisyaratkan bahwa mereka ingin membuat ini tersedia bagi orang-orang di negara yang lebih miskin dengan harga serendah mungkin, secara efektif dengan biaya. Itu cukup penting," kata Chalkidou.

Karena jika dunia ingin mengakhiri pandemi ini, katanya, perlu menghasilkan milyaran dosis bukan hanya vaksin, tetapi juga yang terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro